Pie Susu Chandra: Kelezatan Khas Bali yang Menggoda Selera Wisatawan

16 Okt 2023  | 969x | Ditulis oleh : Team
Pie Susu Chandra: Kelezatan Khas Bali yang Menggoda Selera Wisatawan

Bali, pulau surganya Indonesia, tidak hanya terkenal dengan keindahan alamnya, namun juga kekayaan budaya dan kulinernya yang memukau. Salah satu oleh-oleh khas Bali yang sayang untuk dilewatkan adalah “Pie Susu Chandra”. Pie Susu Chandra merupakan jajanan terkenal di Bali dan menjadi pilihan utama oleh-oleh bagi banyak pengunjung yang datang ke pulau ini. Artikel kali ini akan membahas tentang sejarah, bahan, proses pembuatan, dan kepopuleran Pie Susu Chandra sebagai oleh-oleh khas Bali.

Sejarah Pie Susu Chandra

Pie Susu Chandra merupakan salah satu jajanan menggiurkan yang berasal dari Bali. Meski belum ada catatan tertulis yang menyebutkan kapan dan bagaimana Pie Susu Chandra pertama kali dibuat, namun jajanan ini telah menjadi ikon kuliner Bali selama beberapa dekade terakhir. Nama "Chandra" dalam Pie Susu Chandra mungkin merujuk pada pemilik atau pencipta pertamanya.

Beberapa tahun terakhir, Pie Susu Chandra menjadi oleh-oleh yang sangat digemari wisatawan yang berkunjung ke Bali. Ini adalah contoh nyata bagaimana masakan lokal dapat menjadi bagian integral dari pengalaman wisata, dan pada gilirannya, menginspirasi pertumbuhan bisnis lokal.

Bahan Utama Pie Susu Chandra

Pie Susu Chandra merupakan camilan sederhana, namun rasanya luar biasa. Bahan utama yang digunakan dalam pembuatan Pie Chandra Susu adalah:

Susu Kental Manis: Susu kental manis menjadi bahan utama pembuatan adonan Pie Susu Khas Chandra. Rasanya yang manis dan kental membuat tekstur kuenya lembut.

Telur: Telur digunakan untuk memberi struktur pada adonan dan memberi rasa khas pada pai.

Tepung Terigu: Tepung terigu digunakan sebagai bahan dasar adonan. Tepung ini membantu memberikan tekstur pie yang padat dan empuk.

Gula: Gula digunakan untuk memberi rasa manis pada adonan. Penggunaan gula yang tepat menjadi salah satu kunci cita rasa istimewa dari Chandra Susu Pie.

Margarin atau Mentega: Margarin atau mentega digunakan untuk memberikan kelembutan pada adonan. Hal ini juga memberikan rasa gurih pada kuenya.

Pewarna Makanan (Opsional): Beberapa produsen Pie Susu Chandra mungkin menggunakan pewarna makanan untuk memberi ciri khas warna kuning pada kue ini.

Proses Pembuatan Pie Susu Chandra

Proses pembuatan Pie Susu Chandra merupakan perpaduan keterampilan tangan dan resep yang diturunkan secara turun temurun. Berikut langkah-langkah umum pembuatan Pie Susu Chandra:

Membuat Adonannya: Pertama, susu kental manis, telur, tepung terigu, gula pasir, dan margarin atau mentega dicampur jadi satu. Campuran harus diaduk hingga homogen dan halus.

Mencetak Adonan: Adonan kemudian dicetak dalam bentuk yang sesuai. Bentuk khas Pie Susu Chandra adalah bulat dengan bagian atas dirajut atau dilipat sehingga memberikan tampilan yang khas.

Memanggang: Pie Susu Chandra kemudian dipanggang hingga matang hingga berwarna keemasan yang indah. Suhu dan waktu memanggang adalah rahasia produsen, dan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi rasa dan tekstur kue.

Penyedap Tambahan (Opsional): Beberapa produsen Pie Susu Chandra mungkin menambahkan perasa tambahan, seperti vanilla atau coklat, untuk memberikan variasi pada produknya.

Penyimpanan: Setelah dipanggang, Pie Susu Chandra sebaiknya disimpan dalam wadah yang sesuai untuk menjaga kelembutannya. Ini juga membantu menjaga rasanya tetap segar.

Proses pembuatan Pie Susu Chandra membutuhkan ketelitian dan keterampilan, dan cita rasa yang sempurna dapat dihasilkan melalui pengalaman jangka panjang dalam pembuatannya. Inilah sebabnya mengapa Pie Susu Chandra yang asli sangat dihargai dan dicari oleh wisatawan.

Kepopuleran Pie Susu Chandra sebagai makanan khas Bali

Pie Susu Chandra menjadi salah satu oleh-oleh paling populer di Bali. Ini adalah pilihan utama bagi wisatawan yang ingin membawa pulang sedikit Bali untuk keluarga dan teman-temannya. Ada beberapa alasan mengapa Pie Susu Chandra begitu populer:

Rasa Menggoda: Pie Susu Chandra mempunyai rasa yang khas dan menggoda. Perpaduan antara manisnya susu kental manis, tekstur adonan yang lembut, dan sedikit rasa gurih dari mentega atau margarin membuatnya tak bisa dilewatkan.

Kemasan Menarik: Pie Susu Chandra biasanya dikemas dalam kotak cantik dengan desain khas Bali. Sehingga menjadi oleh-oleh yang cantik dan mudah untuk dibawa pulang.

Kualitas yang Konsisten: Produsen Pie Susu Chandra yang terkenal terkenal dengan kualitasnya yang konsisten. Mereka merahasiakan resep dan proses pembuatannya agar rasanya tetap sama seiring berjalannya waktu.

Daya Tahan yang Baik: Pie Susu Chandra memiliki daya tahan yang baik. Dapat bertahan cukup lama setelah dibeli sehingga cocok dijadikan oleh-oleh bagi mereka yang baru kembali dari perjalanan ke Bali.

Variasi Rasa: Selain versi klasik, beberapa produsen juga menawarkan variasi rasa, seperti coklat, keju, atau kopi, sehingga lebih menarik bagi pelanggan yang mencari variasi.

Harga Terjangkau: Meskipun Pie Susu Chandras merupakan oleh-oleh yang populer, namun harganya tetap terjangkau sehingga menjadi pilihan yang baik bagi banyak orang.

Saat Anda berkunjung ke Bali, Anda akan menemukan Pie Susu Chandra tersedia di banyak toko oleh-oleh, pasar tradisional, bahkan toko modern. Ada berbagai merek yang memproduksi Pie Susu Chandra, dan wisatawan kerap mencoba beberapa merek berbeda untuk menentukan mana yang menjadi favoritnya.

Mengapa Anda Harus Mencoba Pie Susu Chandra Saat Berkunjung ke Bali

Saat Anda berkunjung ke Bali, mencoba Pie Susu Chandra adalah suatu keharusan. Berikut beberapa alasan mengapa Anda harus mencoba oleh-oleh khas Bali yang legendaris ini:

Mengenal Budaya Lokal: Kuliner merupakan salah satu cara terbaik untuk mengenal budaya lokal. Dengan mencicipi Pie Susu Chandra, Anda bisa merasakan sentuhan asli Bali.

Cicipi Sesuatu yang Unik: Pie Susu Chandra adalah makanan yang mungkin tidak tersedia di daerah Anda. Rasanya unik dan tidak mudah Anda temukan di luar Bali.

Pilihan Suvenir Hebat: Pie Susu Chandra adalah oleh-oleh yang sempurna untuk dibawa pulang dan dibagikan kepada teman dan keluarga. Ini adalah cara yang baik untuk berbagi pengalaman perjalanan Anda di Bali.

Kecil dan Mudah Dibawa: Ukuran pie yang kecil membuatnya mudah dibawa kemana pun Anda pergi. Anda bisa menjadikannya sebagai camilan saat bepergian atau mengisi waktu luang.

Rasa yang Tak Terlupakan: Setelah Anda mencicipi Pie Susu Chandra, Anda mungkin akan mengingat rasanya selama bertahun-tahun yang akan datang. Ini salah satu jajanan yang sulit untuk dilupakan.

Kesimpulan

Pie Susu Chandra merupakan oleh-oleh khas Bali yang penuh cita rasa dan sejarah. Jajanan ini telah memikat hati banyak pengunjung yang datang ke Bali dengan cita rasa manisnya yang khas, teksturnya yang lembut, dan kemasannya yang cantik. Dari segi sejarah dan resepnya, Pie Susu Chandra adalah contoh sempurna bagaimana kuliner lokal bisa menjadi simbol budaya dan daya tarik utama bagi wisatawan. Jadi, ketika Anda berkunjung ke Bali, jangan lupa untuk mencicipi kelezatan khas Bali ini dan bawa pulang beberapa potongnya untuk dibagikan kepada orang tersayang. Pie Susu Chandra akan memberikan Anda kenangan manis yang tak terlupakan di pulau indah ini.

Pengembangan dan Inovasi Pie Susu Chandra

Meski Pie Susu Chandra sudah mempunyai tempat tetap di dunia kuliner Bali, namun beberapa produsen mencoba berinovasi memberikan variasi pada sajian ini. Beberapa inovasi yang bisa Anda temukan saat mencari oleh-oleh di Bali antara lain:

Variasi Rasa: Beberapa produsen telah menghadirkan variasi rasa untuk mengikuti tren rasa modern. Anda bisa menemukan Pie Susu Chandra dengan rasa coklat, keju, strawberry bahkan kopi. Hal ini menambah nuansa berbeda pada rasa pie yang khas.

Tambahan Topping: Beberapa produsen menambahkan topping seperti kacang-kacangan, keju, atau buah kering di atas Pie Susu Chandra untuk memberikan tekstur tambahan dan rasa yang lebih kompleks.

Penggunaan Bahan Organik: Beberapa produsen berkomitmen menggunakan bahan organik dalam pembuatan Pie Susu Chandra. Hal ini menarik bagi pelanggan yang peduli dengan asal dan kualitas bahan.

Kemasan Kreatif: Beberapa merek hadir dengan kemasan yang lebih kreatif dan menarik. Mereka mungkin menambahkan motif khas Bali sehingga menjadikan kemasannya sebagai oleh-oleh yang cantik.

Penambahan Ekstrak Buah Tropis: Bali terkenal dengan ragam buah tropisnya. Beberapa produsen mungkin menambahkan ekstrak buah lokal seperti manggis, rambutan, atau durian untuk memberikan aroma dan rasa yang unik pada pie.

Tips membeli Pie Susu Chandra di Bali

Saat Anda berbelanja oleh-oleh khas Bali ini, ada beberapa tips yang harus Anda pertimbangkan untuk memastikan Anda mendapatkan yang terbaik:

Carilah yang sudah terkenal: Produsen Pie Susu Chandra di Bali banyak sekali, tapi pastikan membeli dari yang sudah terkenal dan terpercaya. Anda bisa mencari referensi dari masyarakat lokal atau wisatawan yang pernah mencobanya.

Perhatikan Kemasan: Kemasan yang rapi dan indah menunjukkan perhatian produsen terhadap detail. Pastikan kotak pie dan kemasannya dalam kondisi baik.

Periksa tanggal kadaluarsa: Pastikan Anda memeriksa tanggal kadaluarsa produk sebelum membeli. Anda ingin memastikan bahwa suvenir Anda akan bertahan cukup lama.

Variasi Rasa: Jika menyukai variasi rasa, cobalah beberapa varian seperti coklat, keju, atau kopi untuk merasakan sensasi berbeda.

Jangan Membeli Terlalu Banyak: Meskipun tergoda untuk membawa pulang kue dalam jumlah banyak, pastikan Anda mempertimbangkan jumlah yang sesuai untuk perjalanan Anda dan berapa lama Anda akan tinggal di Bali. Hal ini untuk memastikan Pie Susu Chandra masih segar saat sampai di rumah.

Kesimpulan Akhir

Pie Susu Chandra merupakan oleh-oleh khas Bali yang mencuri hati banyak wisatawan dengan cita rasa manisnya yang khas dan kemasannya yang cantik. Seiring berjalannya waktu, Pie Susu Chandra telah menjadi salah satu simbol kuliner Bali, mencerminkan kekayaan budaya dan tradisi kuliner pulau tersebut. Saat Anda berkunjung ke Bali, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi kelezatan ini dan membawa pulang beberapa potongnya. Pie Susu Chandra menjadi bukti bagaimana kuliner lokal bisa menjadi pengalaman berharga dalam perjalanan Anda dan menjadi kenangan manis yang akan Anda kenang selamanya.

 

#Tag
Artikel Terkait
Mungkin Kamu Juga Suka
Rajakomen
Scroll Top