Materi Safety Talk Tentang Proses Pemadam Kebakaran

15 Apr 2022  | 566x | Ditulis oleh : Team
Materi Safety Talk Tentang Proses Pemadam Kebakaran

Kita semua tahu kalau yang namanya musibah tidak ada yang tahu termasuk juga kebakaran dapat terjadi kapan saja. Untuk itulah kita harus waspada terhadap kondisi yang bisa menimbulkan kebakaran. Jadi materi safety talk yang harus dipersiapkan adalah sebisa mungkin ketika api masih kecil maka kita harus sudah bisa memadamkannya baik menggunakan alat pemadam api ringan (APAR) atau dengan peralatan lain yang memungkinkan bisa memadamkan api.

Materi safety talk untuk proses pemadam kebakaran adalah menggunakan handuk atau karung basah dan lain-lain untuk mencegah kebakaran semakin membesar. Ketika api mulai membesar, maka kita bisa menggunakan hydrant untuk proses pemadaman apinya atau jika diinternal tidak bisa maka bantuan kepada tim pemadam kebarakan di wilayah setempat.

Kita harus pastikan bahwa peralatan-peralatan untuk proses pemadaman kebakaran itu sudah disiapkan dan bisa digunakan saat kita membutuhkannya, ini adalah materi safety talk untuk mencegah kebakaran besar terjadi.

Ada beberapa hal yang harus kita semua perhatikan yang berkaitan dengan materi safety talk proses pemadam kebakaran ini.

  • Pastikan bahwa alat pemadam kebakaran api ringan (APAR) tersedia dekat di dalam rumah, khusus jika pekerjaan anda memiliki risiko kebakaran, misal pekerjaan pengelasan dan lain-lain.
  • Pastikan bahwa alat pemadam api ringan (APAR) atau hydrant mudah dijangkau dan tidak terhalang oleh benda apapun juga. Karena tentu saja ini sering ditemukan, masih banyak orang-orang yang menyimpan atau meletekkan hydrant tertutup dan akhirnya saat terjadi kecelakaan atau kebakaran sulit untuk mengambilnya. Tentu saja hal ini akan memperlambat dalam proses pemadaman apinya, yang akibatnya api akan cepat membesar dan merembet ke tempat lain.
  • Sebaiknya APAR ditempatkan dekat dengan tempat kerja yang riskan terjadi kebaran, supaya risiko kebakaran bisa di cegah. Sebaiknya jarak ideal penyimpanan hydrant adalah 15 meter, tetapi jika ternyata risiko kebakaran tinggi maka sebaiknya penyimpanan hydrant didekatkan  saja.
  • Untuk hydrant yang ada diluar biasanya tertutup oleh kendaraan yang terparkir, maka harus diinformasikan jika terkait hal itu supaya kendaraan tidak terparkir dan menghalangi alat pemadam atau hydrant.
  • Jika alat APAR kondisinya sudah tidak bisa digunakan lagi, maka anda harus segera menggantinya, jika masih memungkin untuk diperbaiki tidak apa-apa diperbaiki, tetapi jika tidak bisa maka harus ganti dengan yang baru.
  • Pastikan anda juga memiliki pompa air yang bisa digunakan dan airnya lancar keluar pada saat dibutuhkan, sehingga bisa mengantisipasi terjadinya kebakaran yang besar.

Itulah tadi kumpulan materi safety talk untuk mencegah terjadinya kecelakaan yang tidak di inginkan pada saat terjadi kebakaran. Semakin kita memahami pekerjaan dan tanggung jawab maka kita akan semakin berpengalaman dan bisa mengatasi berbagai macam hal di sekitar kita dengan memahami materi safety talk motivasi bagaimana proses pemadam kebakaran.

#Tag
Artikel Terkait
Mungkin Kamu Juga Suka
Tryout
Scroll Top