Apa Kata Pengamat, Modal Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Baru Balik 70 Tahun

14 Feb 2022  | 792x | Ditulis oleh : Team
Apa Kata Pengamat, Modal Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Baru Balik 70 Tahun

Meski disebut memakan puluhan tahun agar bisa balik modal, Pengamat Transportasi sekaligus Akademisi Prodi Teknik Sipil Unika Soegijapranata dan Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan MTI Pusat Djoko Setijowarno mengungkapkan bahwa proyek kereta cepat Jakarta-Bandung diperkirakan baru bisa balik modal 70 tahun kemudian.

“Kalau kereta itu di manapun tidak akan nutup 40 tahun, jalan tol saja 40 tahun, paling tidak 70 tahun itu baru balik modal,” ujarnya kepada MNC Portal, Minggu (13/2/2022).

Menurut Djoko proyek kereta api memang lama untuk balik modal, namun menurutnya jangka waktunya tidak hanya 40 tahun seperti yang diungkapkan oleh pemerintah, namun bisa jauh lebih lama dari itu.

“Ya itu biasa saja, beda dengan jalan tol, kalau kereta kan lain, memang lebih mahal,” sambungnya.

Bahkan menurut Djoko proyek-proyek kereta api yang sudah ada juga lama untuk bisa balik modal. “Jadi tidak apa-apa, jaman Belanda itu 100 tahun rata-rata,” lanjut Djoko.

Sebelumnya pemerintah memperkirakan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung baru akan bisa balik modal setelah 40 tahun dikomersilkan. Dengan pertimbangan pemindahan ibu kota yang akan mengurangi jumlah penumpang yang ditargetkan.

Seperti diketahui proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung ditargetkan beroperasi pada bulan Juni 2023 mendatang. Kereta Cepat Jakarta-Bandung sendiri nantinya akan beroperasi dengan 11 rangkaian kereta (trainset).

Sekadar informasi Kereta Cepat Jakarta-Bandung memiliki rangkaian kereta di mana setiap rangkaiannya akan memiliki 8 gerbong dengan kapasitas 601 kursi. Terdiri dari kelas VIP sebanyak 18 kursi, first class sebanyak 28 kursi, dan second class sebanyak 555 kursi. Sedangkan untuk jalurnya sendiri memiliki panjang 142 kilometer yang nantinya terintegrasi dengan 4 stasiun dan 1 depo. Terdiri dari Stasiun Halim, Karawang, Padalarang, hingga Tegalluar.(dbs)

#Tag
Artikel Terkait
Mungkin Kamu Juga Suka
Rajakomen
Scroll Top