Persiapkan Jiwa yang Sehat untuk Menyambut Ramadhan

19 Feb 2022  | 224x | Ditulis oleh : Team
Persiapkan Jiwa yang Sehat untuk Menyambut Ramadhan

Umat Islam di seluruh dunia sebentar lagi akan kedatangan tamu yaitu bulan suci Ramadhan, yuk persiapkan jiwa kita agar lebih siap menjalani puasa satu bulan penuh. Beberapa persiapan yang bisa kamu mulai seperti pada penjelasan di bawah ini antara lain:

PERSIAPAN JIWA dan FISIK MENJELANG BULAN RAMADHAN

1. Mulailah makan sebelum lapar
Mulai biasakan lambung dengan porsi yang lebih kecil sehingga sistem pencernaan tidak kaget dan mulai terbiasa untuk beroperasi dengan kalori yang lebih sedikit dari biasanya saat sudah mulai berpuasa nanti.

2. Biasakan makan buah dan sayur
Dengan mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran secara rutin, hal Ini akan memperlancar proses pencernaan dan mengurangi jumlah racun sehingga pencernaan menjadi bersih.

3. Rajin minum air putih
Tingkatkan konsumsi cairan untuk membantu menjaga agar metabolisme tetap lancar dan tubuh terhidrasi dengan baik.

4. Hindari makan-makanan pedas dan asam
Agar tidak terjadi masalah selama berpuasa, beberapa jenis makanan yang dapat menyebabkan kembung perlu dikurangi, misalnya: durian, nangka, atau makanan asam dan pedas yang dapat menyebabkan iritasi lambung.

5. Kurangi mengkonsumsi makanan manis
Hindari mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak gula dan tinggi kadar lemak, misanya soda, es krim, brownies, coklat, permen dan sejenisnya. Makanan manis akan menimbulkan sugar rush atau kenaikan kadar gula di dalam tubuh secara tiba-tiba. Kondisi seperti itu menambah tenaga secara tiba-tiba, namun setelah efeknya hilang, tubuh akan cepat lemas dan lesu.

6. Mulai olahraga ringan
Salah satu olahraga ringan yang murah dan bisa kamu terapkan di rumah misalnya berjalan santai. Dengan rutin berjalan santai dapat menjaga agar sistem peredaran darah tetap berfungsi dengan baik selama puasa.

7. Tidur yang cukup
Pastikan juga kecukupan tidurmu pada malam hari dan bila memungkinkan tidur siang satu jam untuk menjaga stamina agar saat menjelang sore tubuh tidak tumbang. Apalagi bagi kamu yang memiliki mobilitas tinggi, relaks sejenak tentu sangat bermanfaat.

Semoga tips diatas dapat mengingatkan kita semua bahwa pentingnya dimasa pandemi seperti sekerang ini untuk selalu menjaga kesehatan jiwa dan raga, semoga kita semua selalu diberikan kesehatan dan umur kita semua sampai kepada bulan yang ditunggu tunggu oleh umat islam sedunia yaitu bulan suci Ramadhan.

 

#Tag
Artikel Terkait
Mungkin Kamu Juga Suka
Rajakomen
Scroll Top