5 Jenis Cacing dan Penyebab Cacingan Pada Tubuh yang Wajib Diketahui

19 Feb 2022  | 321x | Ditulis oleh : Team
5 Jenis Cacing dan Penyebab Cacingan Pada Tubuh yang Wajib Diketahui

Cacingan ternyata bisa juga dialami oleh orang dewasa yang umumnya terjadi tanpa disadari. Penyebab cacingan pada orang dewasa umumnya lantaran terjadi kontak langsung dengan telur cacing. Gejala cacingan pada orang dewasa umumnya diawali dengan berat badan menurun, kelelahan, diare, sakit perut dan timbulnya rasa mual.

Dalam mengatasi cacingan, biasanya pengidap diwajibkan mengkonsumsi obat cacing yang diminum selama 1 hari. Anggota keluarga yang diam serumah dengan pengidap cacingan dianjurkan juga untuk mengkonsumsi obat cacing. Ada jenis-jenis cacing yang menjangkiti tubuh manusia. Inilah beberapa jenis cacing itu.

1. Cacing Pita

Sesungguhnya cara penularan cacing pita ke manusia tak cuma lewat masakan yang dibuat dari daging yang diolahnya kurang matang. Namun, cacing pita pun dapat masuk ke dalam tubuh lewat air minum yang telah tercemar dengan telur cacing pita ataupun larva. Cacing pita bisa hidup di dalam tubuh seseorang selama 30 tahun dengan ukuran sampai 15 cm.

2. Cacing Kremi

Cacing kremi bisa masuk ke dalam tubuh lewat kontak langsung dengan telur cacing kremi dan menelannya. Telur cacing kremi memiliki ukuran yang amat kecil sehingga menjadikannya mudah terbawa angin dan terhisap oleh manusia. Cacing ini tergolong jenis cacing yang tak berbahaya dan sering kali menjangkiti anak-anak serta orang dewasa. Cacing kremi bersembunyi di rektum dan usus besar manusia.

3. Cacing Pipih

Cacing pipih biasanya menjangkiti hewan, tetapi cacing ini pun dapat menjangkiti jaringan tubuh manusia. Cacing pipih dapat hidup dalam usus, darah, dan jaringan tubuh lainnya. Orang yang gemar mengkonsumsi sayuran mentah amat berisiko terjangkit jenis cacing ini. Disamping itu telur cacing pipih pun dapat masuk ke dalam tubuh lewat air minum yang tercemar telur cacing pipih.

4. Cacing Gelang

Seseorang yang berdiam di lingkungan dengan sanitasi dan kebersihan yang relatif buruk, akan amat berisiko terjangkit cacing gelang. Cacing gelang bisa masuk ke dalam tubuh lewat makanan yang sudah tercemar telur cacing gelang.

5. Cacing Tambang

Telur cacing tambang bisa masuk ke dalam tubuh lewat pori-pori kulit. Oleh sebab itu akan amat berisiko terjangkit cacing tambang bila berjalan di atas tanah atau media yang merupakan tempat bercokolnya larva cacing tambang.

Sesudah mengupas jenis-jenis cacing, Anda pun perlu mengetahui hal apa saja yang jadi penyebab cacingan. Di bawah ini hal-hal yang menjadi penyebab cacingan pada tubuh.

Mengadakan kontak langsung dengan sebuah benda atau media yang tercemar atau sarang telur cacing. Terlebih bila Anda tak mencuci tangan sesudah menyentuh sesuatu.

Mengkonsumsi makanan ataupun minuman yang di dalamnya aa telur cacing. Khususnya pada sajian sayuran mentah.

Berjalan tidak dengan menggunakan alas kaki di atas tanah atau media lainnya yang jadi tempat bersempunyinya cacing.

Mengkonsumsi makanan mentah atau setengah matang yang berisiko berisi telur cacing. Khususnya pada jenis makanan yang dibuat dari daging babi dan daging sapi.

Guna menghindari cacing menjangkiti tubuh, Anda dapat mengawalinya dengan menjaga kebersihan. Khususnya kerap mencuci tangan kerika melakukan aktivitas. Tidak boleh lupa pula untuk mencuci bersih buah dan sayuran sebelum dikonsumsi. Jauhi mengkonsumsi makanan mentah atau kurang matang. Ada baiknya pula mengkonsumsi air kemasan atau air minum yang matang.

Nah demikianlah berbagai jenis cacing dan penyebab cacingan yang menjangkiti manusia. Pastikan selalu mengaplikasikan pola serta gaya hidup yang bersih dan sehat supaya terlepas dari cacingan.

#Tag
Artikel Terkait
Mungkin Kamu Juga Suka
Rajakomen
Scroll Top