Menjaga Berat Badan, Salah Satu dari 6 Manfaat Terong Ungu bagi Kesehatan Tubuh

16 Feb 2022  | 269x | Ditulis oleh : Team
Menjaga Berat Badan, Salah Satu dari 6 Manfaat Terong Ungu bagi Kesehatan Tubuh

Anda seorang penyuka terong ungu? Bila benar, anda dapat memperoleh beragam macam manfaat terong ungu bagi kesehatan tubuh lho. Penting diketahui bahwa masih sedikit orang yang tahu manfaat terong ungu. Tak cuma terasa enak saat dimasak menjadi menu lauk pauk, terong ungu pun kaya akan gizi dan nutrisi yang amat baik bagi tubuh.

Dikutip dari laman Medical News Today, dinyatakan bahwa satu porsi terong bisa mencukupi minimal 5% dari kebutuhan seseorang terhadap tiamin, B-6, tembaga, dan serat. Terong pun memiliki kandungan vitamin serta mineral yang lainnya.

Lantas apa saja sih manfaat terong bagi kesehatan tubuh? Yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Menunjang Kesehatan Jantung

Antioksidan, vitamin B6, vitamin C, potasium, dan serat dalam terong dianggap dapat menunjang kesehatan jantung loh. Disamping itu, dalam suatu ulasan yang dirilis pada tahun 2019 menganjurkan bahwa mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan flavonoid khusus, tak terkecuali anthocyanin dapat menunjang menurunkan gejala inflamasi yang dapat menaikkan risiko terkena penyakit jantung.

Menjaga Kadar Kolesterol

Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya, terong memiliki kandungan cukup banyak serat dan ternyata berguna untuk memelihara kadar kolesterol di dalam tubuh. Dikutip dari laporan data USDA, secangkir terong matang yang memiliki berat 96 gram mempunyai kandungan kira-kira 2,4 g serat.

Menjaga dari Kanker

Polifenol di dalam terong bisa menunjang menjaga tubuh dari serangan kanker. Kandungan antosianin dan asam klorogenat pun bisa menjaga sel dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas. Dalam waktu lama hal itu pun dianggap dapat membantu menghindari penyebaran sel kanker dan perkembangan tumor.

Melindungi Peran Kognitif

Kandungan antosianin dalam terong pun bisa membantu menghindari peradangan saraf dan melancarkan aliran darah ke otak. Hal ini bisa menunjang menghindari kehilangan ingatan dan aspek lainnya dari penurunan mental yang berhubungan dengan usia.

Menjaga Berat Badan

Saat ini anda tengah menjalankan program diet? Kandungan serat menjadi salah satu nutrisi yang amat utama bagi mereka yang sedang mengurus berat badan. Terong memiliki kandungan serat serta rendah kalori sehingga bisa memberikan sumbangan untuk mereka yang tengah menjalankan program diet rendah kalori yang sehat.

Kesehatan Mata

Tahukah Anda bahwa terong pun memiliki kandungan antioksidan zeaxanthin dan lutein loh. Yap, berdasarkan pada pengamatan kandungan lutein mempunyai fungsi dalam kesehatan mata, bisa menunjang menghindari degenerasi makula yang berhubungan dengan usia yang dianggap dapat membuat kehilangan pandangan pada orang tua.

Demikianlah berbagai informasi tentang manfaat terong yang penting anda ketahui. Hendaknya mulai saat ini masukkanlah terong ke dalam menu lauk pauk Anda. Pastikan Anda pun tahu cara mengolahnya supaya nutrisi dan manfaat terong ungu dapat Anda peroleh dengan optimal.

#Tag
Artikel Terkait
Mungkin Kamu Juga Suka
Rajakomen
Scroll Top