6 Penyebab Wajah Kusam yang Mesti Dihindari

19 Feb 2022  | 132x | Ditulis oleh : Team
6 Penyebab Wajah Kusam yang Mesti Dihindari

Wajah kusam merupakan salah satu persoalan wajah yang cukup kerap dialami. Ada beberapa hal yang membuat wajah jadi kusam. Walau telah memakai skincare spesial kulit kusam, persoalan ini belum tentu hilang demikian saja.

Salah satu alasannya ialah tak menghentikan kebiasaan buruk yang bisa menyulut kulit kusam. Di bawah ini 6 penyebab wajah kusam yang mesti Anda ketahui:

1. Sering Terpapar Sinar Matahari dan Polusi

Aktivitas padat di luar ruangan menjadikan Anda tak dapat terlepas dari polusi dan paparan sinar matahari. Polusi dan sinar matahari merupakan dua kandidat paling kuat yang bisa menjadikan kulit nampak kusam dan tak sehat.

Guna menghindari dampak buruk dari polusi dan sinar matahari, Anda dianjurkan untuk memakai sunscreen atau sun protection. Tanpa bantuan dari sunscreen, kulit Anda akan mudah kusam sampai berubah warna menjadi gelap seakan-akan terbakar. Pastikan Anda melakukan reapply sunscreen tiap-tiap 2 jam sekali guna memberikan perlindungan lebih pada kulit.

2. Memilih Produk Skincare yang Salah

Skincare merupakan solusi yang tepat guna melindungi kulit supaya tetap bersih dan sehat. Tetapi sayangnya, skincare pun dapat menjadi malapetaka untuk kulit bila pemilihannya salah. Kulit mempunyai tipe yang berbeda, seperti normal, berminyak, kering, kombinasi, dan sensitif.

Pilihlah jenis skincare yang selaras dengan tipe kulit Anda. Untuk menangani kulit kusam, gunakanlah produk skincare yang mengandung vitamin C dan acid. Dua kandungan bahan ini dapat menyebabkan kulit terlihat lebih cerah dan bersinar.

3. Tubuh Kekurangan Asupan Nutrisi Sehat

Tak cuma disebabkan oleh faktor luar saja, kulit kusam pun bisa timbul jika tubuh kekurangan nutrisi yang sehat. Tubuh memerlukan nutrisi yang cukup supaya proses metabolisme berlangsung lancar. Proses metabolisme ini akan memengaruhi keadaan kulit.

Ada baiknya, perbanyak mengonsumsi buah dan sayur yang mengandung zat antioksidan tinggi. Kurangi mengonsumsi makanan yang digoreng, makanan yang banyak mengandung garam, dan minuman bersoda. Cukupilah kebutuhan cairan harian Anda dengan mengonsumsi delapan gelas air putih setiap hari.

4. Stres Berlebih

Stres yang berlebihan bisa menyebabkan kelihatan lesu dan kulit menjadi kusam. Tidak cuma menjadikan kulit kusam, stres pun membawa pengaruh tidak baik untuk tubuh. Stres menyebabkan meningkatnya kadar kortisol dalam tubuh. Hal ini akan memengaruhi aliran darah ke kulit dan menjadikannya terlihat kusam. Kulit pun akan kehilangan sinar alaminya.

5. Waktu Tidur yang Kurang

Padatnya jadwal menyebabkan waktu tidur menjadi berantakan dan tak teratur. Jam tidur yang kacau bisa memengaruhi kesehatan kulit. Kulit akan nampak kusam dan tak terawat. Hal ini dikarenakan proses peremajaan sel kulit yang tak berjalan lancar dan menyebabkan sel kulit mati tinggal lebih lama di wajah. Saat tidur yang ideal untuk orang dewasa yaitu 7-8 jam tiap hari.

6. Tidak Melakukan Eksfoliasi

Eksfoliasi merupakan salah satu tahapan utama yang harus dilakukan untuk bikin kulit terlihat sehat dan bersinar. Timbunan sel kulit mati bisa menyebabkan wajah terlihat kusam jika tidak lekas diangkat. Menjalankan eksfoliasi secara teratur akan membantu membuang sel kulit mati penyebab wajah jadi kusam. Eksfoliasi dapat dilakukan dengan rutin 2-3 kali dalam seminggu. Gunakanlah produk khusus eksfoliasi yang selaras dengan tipe kulit Anda.

Itulah beberapa penyebab kulit kusam yang harus Anda ketahui. Jauhi berbagai kebiasaan buruk di atas supaya kulit selalu terjaga dan terhindar dari kusam. Dengan demikian, kulit wajah Anda akan selalu sehat, cerah, dan bersih.

#Tag
Artikel Terkait
Mungkin Kamu Juga Suka
Tryout
Scroll Top