Tanda-tanda Kulit Kering yang Harus Diketahui dengan Baik

13 Mar 2022  | 299x | Ditulis oleh : Team
Tanda-tanda Kulit Kering yang Harus Diketahui dengan Baik

Tanda-tanda kulit kering kerap diderita oleh banyak orang tetapi pula suka hilang dari perhatian. Padahal mempunyai kulit kering serta kusam dapat menyebabkan orang kurang percaya diri. Keadaan ini dapat dialami dengan timbulnya rasa tak enak pada seputar kulit wajah dan badan.

Kulit rasanya kering, kaku, serta bersisik malahan ketika usai mandi. Hal ini menunjukkan bahwa konsumsi nutrisi ke kulit anda kurang, sehingga dibutuhkan perawatan spesial untuk menanganinya. Tak cuma dengan obat atau kosmetik, malahan pula santapan serta vitamin untuk menanganinya dari dalam.

Mempunyai kulit kering sebenarnya tak nyaman, lantaran kerap gatal-gatal, memerah malahan bisa pecah serta meradang. Tidak hanya itu, dalam keadaan yang parah bisa mengakibatkan sisik khususnya pada punggung tangan lengan serta kaki, sehingga tak nyaman ketika tertimpa paparan matahari.

Tetapi, tidak artinya mempunyai tipe kulit ini tak terselamatkan kembali. Berbagai tindakan serta aksi bisa menunjang menanganinya. Oleh karena itu, beberapa hal dibawah ini harus dikenali pemilik kulit kering supaya bisa menanganinya dengan pas.

Tanda-Tanda Kulit Kering

Anda akan mengalami kulit yang amat kering, sedikit tertarik, serta bertekstur kasar ketika memilikinya. Pada waktu khusus pun terasa panas serta gatal, terlebih bila keliru memilih produk perawatan kulit. Tetapi, untuk mengenali lebih jelas dapat berkunjung ke dokter dermatologi untuk bertanya.

Tidak hanya kurang elastis, kulit kering pun memiliki pori-pori yang nyaris tak kelihatan. Kadang-kadang pula nampak bintik merah di permukaannya dan mempunyai garis-garis yang nampak. Pada anak-anak, tanda-tanda kulit kering ialah bintik-bintik seperti ruam merah yang terasa gatal hendak timbul di pipi atau lengan. Tidak hanya itu harus anda kenal pula bahwa kulit kering ini dibagi dalam 3 tingkatan:

a. Kulit Kering

Kulit rasanya kaku, agak tertarik serta terkupas dengan rasa tak nyaman yang kadangkala muncul kadangkala lenyap.

b. Kulit Amat Kering

Rasa tak nyaman yang terjadi tidak sebentar, kerap mengelupas, berkerak, pecah serta amat tertarik.

c. Xerosis Pra-atopik

Kulit bintik-bintik kering, iritasi, serta terasa gatal-gatal pada keadaan parah bisa terjadi retakan yang relatif dalam serta mengeluarkan darah.

Penyebab Kulit Kering

Banyak aspek yang mempengaruhi keadaan kulit kering seseorang. Kekurangan lapisan pelindung alami seperti lipid, sebum, serta air yang menjadikan kelembaban menurun. Berbagai penyebab kulit kering ialah seperti di bawah ini:

  • Rutinitas menggosok kulit: menggosok terlampau keras dengan spons serta scrub ketika mandi menggerogoti lapisan terluar kulit.
  • Iritasi kulit: disulut oleh deterjen, alkohol, paparan debu, dan antiseptik.
  • Penuaan: kian bertambahnya usia maka kulit akan lebih tipis sehingga kolagen serta sebum yang dimilikinya pun menurun.
  • Efek samping obat-obatan: kerapnya mengkonsumsi obat-obatan pun dapat jadi penyebab kulit kering. Seperti obat penurun kolesterol, serta obat-obatan buat kemoterapi.
  • Keadaan kesehatan tertentu: penyakit seperti psoriasis, eksim, dan dermatitis, yang menimbulkan rasa gatal terhadap kulit.

Cara Menanggulangi Kulit Kering

Tidak sedikit cara untuk menanggulangi kulit kering yang bisa dilaksanakan, antara lain:

  • Gunakan sabun yang memiliki kandungan pelembap.
  • Ubahlah rutinitas mandi yang terlampau kerap.
  • Tidak boleh menggosok badan terlampau keras.
  • Jauhi paparan cahaya matahari yang berlebihan.
  • Mengolesi kulit dengan bahan alami seperti minyak zaitun, susu, lidah buaya, minyak kelapa, dan madu.
  • Mengenakan produk pelembap kulit yang diresepkan dokter.
  • Lindungi tangan ketika mengenakan pembersih, pelarut, serta deterjen rumah tangga supaya kulit tak makin kering.
  • Mengenakan tabir surya ketika keluar rumah.
  • Mandi dengan air hangat serta mengeringkan dengan betul.
  • Memperbanyak konsumsi sayur-mayur serta buah-buahan yang baik bagi kesehatan kulit.

Demikianlah beberapa tanda dari kulit kering. Mudah-mudahan berbagai tanda-tanda kulit kering serta penanganannya tadi dapat menolong anda ketika menderitanya. Bila merasa tersiksa serta parah, lekas konsultasikan dengan dokter supaya diadakan aksi medis.

#Tag
Artikel Terkait
Mungkin Kamu Juga Suka
Tryout
Scroll Top