Wajah Lebih Segar dengan 8 Langkah untuk Lakukan Facial Alami di Rumah

17 Feb 2022  | 179x | Ditulis oleh : Team
Wajah Lebih Segar dengan 8 Langkah untuk Lakukan Facial Alami di Rumah

Facial adalah salah satu jenis perawatan wajah yang paling terkenal di klinik kecantikan. Perawatan ini dilakukan untuk menghilangkan komedo, sel-sel kulit mati, minyak, debu, dan kotoran, yang nempel di wajah. Facial ini dilakukan melalui beberapa tahapan dimulai dari penguapan wajah, pengelupasan kulit, ekstraksi, masker wajah, lotion wajah, sampai pemijatan.

Tetapi selain di klinik kecantikan, anda pun dapat melakukannya sendiri di rumah. Facial dapat dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami, wajah pun menjadi lebih bersih dan bebas dari racun. Detoks wajah dapat diawali dari rumah. Penasaran ingin tahu bagaimana cara melakukan facial alami di rumah?

1. Membersihkan Kulit

Perawatan facial dimulai dengan cara membersihkan kulit wajah. Bila anda memakai produk make up, anda mesti membersihkannya terlebih dulu dengan lotion atau minyak pembersih. Lalu bersihkan lagi dengan sabun pencuci wajah yang terasa lembut di kulit. Sewaktu membersihkan wajah, janganlah lupa pijat kulit secara lembut untuk membantu membuang minyak dan kotoran yang melekat.

2. Eksfoliasi Kulit

Proses eksfoliasi pada kulit perlu dilakukan untuk membantu membuang sel-sel kulit mati yang terdapat di permukaan kulit. Anda dapat memilih memakai produk eksfoliasi yang tersedia di pasaran. Umumnya produk eksfoliasi harus dioleskan di atas kulit dan dibiarkan selama 10 hingga 15 menit untuk selanjutnya dibersihkan.

3. Penguapan Kulit

Penguapan wajah bermanfaat untuk menaikkan suhu inter kulit, melebarkan pori-pori, dan menyebabkan minyak yang mengeras di pori-pori menjadi lunak. Ketika melakukan perawatan di klinik kecantikan umumnya anda akan memakai alat penguap wajah modern. Tetapi jangan cemas sebab anda tetap dapat melakukannya secara mudah di rumah. Cukup sediakan air panas di dalam baskom dan handuk untuk mencegah uap keluar. Uapkanlah air panas selama kira-kira 5 hingga 10 menit. 

4. Ekstraksi

Ekstraksi adalah tahapan yang dilakukan untuk membuang komedo dari dalam pori-pori kulit. Tetapi, langkah ini harus dilakukan secara hati-hati supaya kulit tak rusak. Anda dapat melakukannya dengan memakai alat ekstraktor elektrik yang tersedia di pasaran. Di samping itu anda pun dapat memakai jari tangan yang telah dibersihkan. Caranya adalah bungkuslah tangan memakai tisu, lalu tekanlah area kulit yang ada komedonya.

5. Gunakan Masker

Masker memiliki fungsi untuk menenangkan kulit, merawat tekstur kulit, serta menghilangkan kulit yang kusam. Ada beberapa jenis masker yang dapat anda coba kenakan di rumah. Antara lain masker berbahan krim, clay, gel, dan tisu yang gampang meresap ke kulit. Tiap-tiap masker mempunyai cara pemakaian yang berbeda-beda.

Anda pun dapat membuat masker sendiri dengan campuran bahan alami yang dapat anda temui dengan gampang di supermarket terdekat atau rumah.

6. Gunakan Serum

Serum adalah salah satu jenis produk untuk perawatan wajah yang perlu bagi kulit. Serum umumnya memiliki kandungan bahan aktif, seperti vitamin A, C, dan E, peptida, antioksidan, serta niacinamide yang masing-masing bahan tersebut bisa meningkatkan keadaan kesehatan atau tampilan kulit. Masalah kulit seperti kerutan, kusam, dan jerawat dapat dicegah dengan penggunaan serum.

7. Lembapkan

Pelembapan perlu dilakukan guna memulihkan kelembapan kulit sesudah menerapkan moisturizer dan serum di atas kulit. Orang yang memiliki kulit berminyak dapat memakai pelembap bertekstur gel. Sedangkan orang yang memiliki kulit kering dapat memakai pelembap bertekstur krim.

8. Pijat

Sesudah melakukan sederetan perawatan, memijat wajah adalah langkah terakhir. Hal ini dapat menunjang menaikkan peredaran darah dan menghasilkan tampilan kulit yang lebih fresh. Anda dapat memijat wajah dengan alat pemijat wajah yang dibuat dari batu giok atau jari-jari tangan.

Dengan langkah perawatan yang baik dan benar, facial alami di rumah pun dapat menyebabkan tampilan kulit jadi tambah cantik. Namun perhatikan dengan reaksi alergi. Bila timbul reaksi, hendaknya segera konsultasi dengan dokter. Nah, apakah anda tertarik untuk lakukan facial di rumah?

#Tag
Artikel Terkait
Mungkin Kamu Juga Suka
Rajakomen
Scroll Top