Peran Guru dalam Dunia Pendidikan

14 Nov 2023  | 184x | Ditulis oleh : Admin
smp al masoem

Peran guru sangat penting karena guru merupakan ujung tombak pendidikan. Guru memiliki pengaruh besar terhadap siswa, baik secara akademik maupun non-akademik. Maka dari itu kesejahteraan guru sangat penting dan harus didapatkan guru, meskipun faktanya banyak guru yang akhirnya harus menelan pil pahit karena memang banyak guru yang tidak dihargai bahkan dalam beberapa kasus guru yang kurang beruntung mendapatkan hal yang tidak diinginkan seperti dilawan oleh siswanya, bahkan dalam beberapa waktu lalu tersiar dalam berita seorang murid yang menantang gurunya untuk duel secara fisik.

Dunia pendidikan saat ini memang sangat miris mengingat pendidikan karakter memang menjadi nilai utama yang belum tersebar secara merata di lingkungan sekolah, hanya beberapa sekolah saja yang sudah menerapkan dan menjadikannya sebagai nilai jual utama dalam dunia pendidikan. Peran guru di sekolah juga bisa menjadi salah satu pilar utama untuk menciptakan pendidikan karakter bagi siswa dan siswinya. Peran guru ini kunci utama pendidikan karakter bisa dibuat meskipun sekolah tidak menerapkan sistem pendidikan karakter dan berikut adalah peran guru dalam dunia pendidikan : 

Secara akademik, guru berperan dalam:

  • Menyampaikan materi pelajaran
  • Mengembangkan kemampuan berpikir siswa
  • Mengembangkan keterampilan siswa

Secara non-akademik, guru berperan dalam:

Dengan berperan aktif dalam pendidikan, guru dapat:

Berikut adalah beberapa alasan mengapa peran guru sangat penting:

Guru adalah agen perubahan

Guru memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan kepribadian siswa. Guru dapat menanamkan nilai-nilai positif kepada siswa, seperti kejujuran, kedisiplinan, dan toleransi. Guru juga dapat menciptakan perubahan yang signifikan bagi siswa dan siswinya, guru yang baik dapat menciptakan murid murid teladan. Guru yang baik disini dalam artian guru yang dapat membimbing dan membina secara benar, bukan hanya guru yang hanya menjadikan ajarannya sebagai sarana penguguran kewajiban saja. 

Guru adalah penjaga masa depan bangsa

Guru berperan dalam mempersiapkan generasi penerus bangsa yang berkualitas. Guru dapat memberikan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan oleh siswa untuk menghadapi tantangan di masa depan. Soft skill yang diajarkan guru untuk siswa dan siswi ini sangat berguna bagi masa depan siswa seperti keterampilan dalam menulis, membaca dan berhitung bahkan dalam dunia pendidikan modern seperti ini peran guru juga menciptakan soft skill yang berguna bagi siswa sesuai dengan minat dan bakat mereka seperti cara memimpin, cara berorganisasi, cara menciptakan peluang usaha dan berbagai macam hal lainnya yang biasanya bisa berbentuk dalam ekstrakurikuler sekolah. 

Guru adalah motivator

Guru dapat menjadi motivator bagi siswa untuk meraih cita-citanya. Guru dapat memberikan dukungan dan semangat kepada siswa untuk terus belajar dan berkembang. Banyak guru yang berperan tidak hanya sebagai tenaga didik tapi juga sebagai pembimbing siswa dan siswinya untuk meraih prestasi. Di dunia pendidikan modern seperti saat ini, peran guru tidak hanya sebagai pengajar tapi juga sebagai mentor dan motivator. Ini sangat bagus untuk menciptakan lingkungan belajar yang baik dan masa depan yang cerah bagi semua peserta didik. 

Oleh karena itu, guru memiliki peran yang sangat penting dalam pembangunan bangsa. Guru harus memiliki kompetensi yang tinggi agar dapat menjalankan tugasnya dengan baik.

#Tag
Artikel Terkait
Mungkin Kamu Juga Suka
Rajakomen
Scroll Top