Mau Berat Badan Cepat Turun, Ini Triknya

22 Feb 2022  | 196x | Ditulis oleh : Team
Mau Berat Badan Cepat Turun, Ini Triknya

Semua orang pasti menginginkan berat badan yang ideal, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan. Termasuk mengatur pola makan agar berat badan bisa cepat turun dengan cepat.

Setiap orang memiliki sistem metabolisme tubuh yang berbeda jadi saat diet menurunkan berat badan pun cara dan hasil yang didapatkan akan berbeda. Namun ada beberapa trik mudah yang bisa diterapkan ketika ingin menurunkan berat badan.

Diet ekstrem sangat tidak dianjurkan, meskipun berat badan cepat turun tetapi tubuh bisa kekurangan nutrisi sehingga menyebabkan masalah kesehatan. Sebenarnya tak perlu diet ekstrem untuk mendapatkan berat badan ideal, cukup dengan mengatur pola makan.

Dilansir dari MSN (12/2) berikut beberapa trik diet yang mudah dilakukan namun ampuh menurunkan berat badan dengan cepat:

1. Perbanyak makan sayuran

Dibandingkan membatasi asupan makanan tertentu, lebih baik untuk memilih mengonsumsi lebih banyak sayuran. Air dan serat dalam sayuran mampu membuat perut merasa kenyang, apalagi sayuran juga mengandung lemak yang sedikit sehingga tidak memicu timbunan lemak.

Kamu bisa mengurangi makanan tinggi kalori dan menggantinya dengan asupan sayuran dan buah. Dengan demikian kamu akan merasa tetap kenyang dengan makanan yang lebih bernutrisi.

2. Jangan lupa sarapan

Menu sarapan yang seimbang, idealnya mengandung serat, protein, lemak sehat dan beragam nutrisi lainnya. Semua zat gizi ini bisa didapatkan dari berbagai makanan dan bisa diolah menjadi menu sarapan lezat. Pastikan setiap hari kamu menyantap sarapan.

Orang yang melewatkan sarapan biasanya akan merasa selalu lapar dan sulit menghindari makan banyak ketika waktunya makan siang. Ketika tidak sarapan, hormon rasa lapar akan memicu kamu untuk makan banyak.

Untuk menu sarapan sehat, kamu bisa memilih makanan seperti telur, yoghurt, kacang-kacangan, sayuran, buah atau biji-bijian. Semua makanan ini bisa membantu kamu merasa kenyang sehingga hasrat makan pun bisa ditekan.

3. Makan secara perlahan

Cobalah makan secara perlahan, nikmati setiap rasa, tekstur dan aroma dari makanan yang kamu santap. Cara seperti ini bisa membantu mengontrol porsi makan sehingga kamu tidak makan secara berlebihan.

Dibandingkan makan dengan terburu-buru, cara makan perlahan ini terbukti bisa membuat kamu merasa lebih kenyang. Setiap makanan yang dikunyah dengan baik pun akan membantu meringankan pekerjaan organ pada sistem pencernaan.

4. Hindari minuman manis

Segelas minuman manis mengandung kalori yang sama seperti halnya kamu makan seporsi makanan berat. Dengan menghindari minuman manis, kamu sudah memangkas kalori dalam jumlah besar.

Daripada minum segelas jus kemasan atau es kopi karamel, kamu bisa mengganti dengan semangkuk tumis sayuran atau makanan tinggi protein. Dengan jumlah kalori yang sama, kamu bisa merasa kenyang lebih lama.

Selain dapat menurunkan berat badan dengan cepat, mengurangi minuman manis juga menjaga tubuh dari berbagai resiko penyakit seperti diabetes.

5. Makan makanan pedas

Sudah lama konsumsi makanan pedas dikaitkan dengan efektifitas penurunan berat badan. Kandungan capsaicin dalam cabai dapat meningkatkan pelepasan hormon stres pada tubuh. Dengan demikian makan cabai juga membantu mempercepat pembakaran kalori.

Namun makanan pedas juga secara tidak langsung dapat meningkatkan nafsu makan. Jadi sebaiknya tetap kontrol porsi makanan pedas yang kamu santap agar bisa mendapatkan manfaatnya tanpa efek samping. Makanan pedas yang dikonsumsi secara berlebihan juga memungkinkan terjadinya masalah pada sistem pencernaan.

6. Konsumsi makanan tinggi air

Selain minum air dengan cukup, kamu juga bisa memenuhi kebutuhan air harian dengan menyantap makanan tinggi air. Ada banyak buah dan sayuran yang mengandung banyak air dan rasanya enak.

Beberapa diantaranya ada mentimun, tomat, semangka, anggur, seledri hingga nanas. Selain menyumbang kandungan air, semua makanan ini juga tinggi serat yang baik untuk membantu melunturkan lemak dalam tubuh.

7. Pilih camilan sehat

Banyak camilan populer saat ini tidak mengandung banyak nutrisi tetapi tinggi kalori. Meskipun sedang diet, kamu tetap bisa ngemil enak namun pilihan camilannya haruslah disesuaikan. Sebaiknya kamu menghindari camilan seperti keripik, cake dan minuman soda.

Cobalah batasi porsi ngemil kamu hanya 300 kalori per hari. Kamu bisa memilih camilan seperti kacang-kacangan atau buah yang lebih sehat. Camilan tinggi serat juga disarankan untuk dikonsumsi.

 

#Tag
Artikel Terkait
Mungkin Kamu Juga Suka
Tryout
Scroll Top