Apotek Siap Melayani dan Menjaga Kesehatan Masyarakat

13 Jun 2024  | 159x | Ditulis oleh : Team
Apotek Siap Melayani dan Menjaga Kesehatan Masyarakat

Peran penting ilmu farmasi dalam mencegah dan mengelola penyakit yang umum terjadi kepada orang dewasa, khususnya yang terkait dengan pengecekan gula darah, asam urat, dan kolesterol.

Apotek sekarang ini sudah menyediakan fasilitas untuk memenuhi kebutuhan tersebut, dan mungkin apotek adalah tempat familiar banyak orang.

Dibalik etalase dan rak-rak yang begitu tertata dengan rapi, ada peran penting yang diemban apotek dalam menjaga kesehatan masyarakat. Bukan hanya sekedar menyediakan obat, apotek memiliki fungsi yang krusial dalam memastikan penggunaan obat-obatan yang aman dan efektif.

Kesehatan Masyarakat

Dijaman sekarang ini dengan begitu banyaknya masalah beban hidup, banyak masyarakat yang mengeluhkan, bahan bakar naik semua menjadi lebih mahal. Semua itu mengakibatkan banyak masyarakat miskin yang kekurangan gizi dan akhirnya mendiamkan penyakitnya dengan alasan tidak memiliki uang untuk membeli obat.

Padahal kesehatan masyarakat sangat penting dalam upaya meningkatkan kualitas suber daya manusia. Penanggulangan kemiskinan dan pembangunan ekonomi indeks pembangunan manusia meletekkan kesehatan adalah salah satu komponen utama pengukuran selain pendidikan dan pendapatan.

Sebagai ahli dalam pelayanan kesehatan sudah sepantasnya memberikan pengarahan kepada masyarakat dengan penuh tanggung jawab. Karena kebanyakan pelayanan yang ada di puskesmas atau rumah sakit, masih banyak yang memberikan pelayanan dengan wajah tidak bersahabat, bahkan ketus terhadap pasien.

Fasilitas pelayanan kesehatan dasar, yaitu puskesmas yang diperkuat dengan puskesmas pembantu dan puskesmas keliling, telah didirkan di hampir seluruh wilayah Indonesia, namun pemerataan dan keterjangkauan pelayanan kesehatan masih menjadi kendala.

Dalam kondisi keterjangkauan pelayanan yang masih belum merata dan kebutuhan perubahan perilaku masyarakat, negara mengakui peran penting organisasi masyarakat pafikotawaibakul.org dalam meningkatkan rasa kepedulian serta rasa sukarela memberikan informasi ahli farmasi dan kesehatan kepada yang membutuhkan.

Menyediakan Obat yang Aman dan Terpercaya

Masyarakat yang mengeluhkan sakit kepala, atau yang sudah terbiasa dengan obat yang dirasa cocok untuk dikonsumsi, biasanya akan datang ke apotek untuk membeli obat seperti yang biasa dikonsumsinya. Disini lah peran apoteker untuk dapat memberikan penjelasan efek samping dan manfaat dari obat tersebut.

Fungsi utama apotek adalah memang menyedaiakan obat-obatan yang aman dan terpercaya kepada masyarakat. Apotek yang resmi akan diawasi oleh pemerintah dan dikelola oleh apoteker yang kompeten, sehingga terjamin kualitas dan keabsahan obat yang dijualnya.

Berharap semua apotek dapat memberikan konsultasi kepada masyarakat terkait obat yang dibutuhkan, termasuk informasi mengenai dosis, efek samping dan interaksi obat. Apoteker juga dapat memberikan edukasi tentang penggunaan obat yang tepat dan aman.

Membantu Masyarakat Paham Menggunkan obat

Peran apotek bukan hanya sebatas penyediakan obat saja, akan tetapi juga harus dapat membantu masyarakat agar paham cara menggunakan obat yang tepat dan benar. Apoteker dapat menjelaskan cara minum obat, waktu minum yang tepat dan hal-hal lain yang perlu diperhatikan selama pasien mengkonsumsi obat tersebut.

Pafikotawaibakul.org memberikan edukasi dan pelatihan-pelatihan bagi Tenaga ahli farmasi untuk bisa mengikuti berbagai macam pelatihan tentang pelayanan kesehatan yang baik kepada seluruh masyarakat.

#Tag
Artikel Terkait
Mungkin Kamu Juga Suka
Rajakomen
Scroll Top