3 Tempat Wisata Terkenal dan Mempesona di Nias, Sumatera Utara

3 Jul 2022  | 58x | Ditulis oleh : Team
3 Tempat Wisata Terkenal dan Mempesona di Nias, Sumatera Utara

Nias adalah sebuah pulau di sebelah barat Sumatra Utara. Pulau ini menyimpan banyak sekali destinasi wisata alam seperti pantai, pulau, dan air terjun. Atraksi budaya di Nias yang terus dilestarikan secara turun-temurun dan peninggalan sejarah yang dijaga hingga saat ini turut menjadi daya tarik untuk mengenal lebih jauh mengenai Nias.

Ketertarikan itu bukan cuma datang dari wisatawan lokal, turis mancanegara pun rela jauh-jauh datang ke Nias untuk merasakan langsung pengalaman berbaur dengan masyarakat setempat yang menamakan dirinya sebagai Ono Niha. Dalam bahasa Nias, kata Ono berarti anak atau keturunan, sedangkan Niha adalah manusia. Maka, Ono Niha memiliki arti keturunan manusia.

Untuk kamu yang berencana berkunjung ke Sumatra Utara dalam waktu dekat, tidak ada salahnya sekalian menyambangi Pulau Nias yang cuma memerlukan waktu satu jam penerbangan dari Bandara Internasional Kualanamu Medan menuju Bandara Binaka. Lantas jelajahi tempat wisata terkenal di Nias untuk menambah cerita petualangan kamu di Tanah Sumatera. Berikut rekomendasi 3 tempat wisata terkenal dan mempesona di Nias.

Desa Wisata Bawomataluo

Kamu barangkali pernah mendengar tradisi unik bernama Fahombo yang menampilkan para pemuda untuk melompati tumpukan batu setinggi dua meter. Konon, siapa yang mampu melewati batu itu, maka dia sudah pantas dianggap dewasa secara fisik. Para pemuda Nias yang ingin menikah pun wajib melakukan Fahombo.

Nah, barangkali kamu penasaran ingin menyaksikan tradisi itu, datanglah ke Desa Wisata Bawomataluo. Salah satu desa adat di Indonesia yang terpelihara dengan baik sampai sekarang. Sisi arsitektur maupun kehidupan masyarakatnya masih mempertahankan nilai-nilai kuat dari leluhur. Itulah yang membuat Desa Bawomataluo masuk dalam daftar World Heritage UNESCO pada tahun 2009.

Akses menuju desa ini relatif mudah, tapi lebih disarankan menggunakan kendaraan pribadi. Desa Bawomataluo berada di puncak bukit, tepatnya pada ketinggian 324 mdpl. Setibanya di sini, kamu akan disambut dengan deretan 72 anak tangga batu yang harus dilewati.

Meski cukup melelahkan, tapi kamu akan langsung takjub begitu melihat gambaran desa ini. Rumah-rumah penduduk yang berjejer rapi dan mempunyai bentuk yang sama. Lalu, ada semacam balai desa dengan semua kursi yang terbuat dari batu, arca-arca, dan meriam kuno peninggalan Belanda yang posisinya tidak pernah bergeser.

Pantai Indah Tureloto

Pantai Tureloto populer dengan laut matinya. Mirip seperti di Yordania, Pantai Tureloto menawarkan sensasi yang membuat kamu susah move on! Di bawah cuaca tropis khas Samudra Hindia, kamu dapat berenang dan mengapung di tengah laut tanpa mesti takut akan tenggelam.

Hamparan karang di perairan Tureloto muncul ke permukaan karena mempunyai kandungan garam yang sangat tinggi sehingga membentuk semacam benteng beberapa ratus meter dari bibir pantai. Benteng karang itulah yang menghalau gelombang laut dan memebnetuk semacam laguna dengan air biru nan jernih dan tenang sekali.

Letak Pantai Tureloto di pesisir barat Sumatra menjadikan posisi terbenamnya matahari semakin menawan. Menjelang sore, sempatkan diri untuk berjemur di atas hamparan pasir putih menghadap ke barat. Secara perlahan, warna jingga di langit berubah menjadi kalbu ketika matahari mulai meninggalkan ufuknya.

Tidak heran, banyak wisatawan mancanegara rela datang ke sini untuk berburu sunset. Untuk mencapai lokasi pantai, kamu perlu menempuh perjalanan sekitar 60 kilometer dari pusat kota Gunungsitoli atau 80 kilometer dari Bandara Binaka.

Air Terjun Mondrowe

Tak cuma gugusan pulau, Nias juga mempunyai beberapa air terjun yang mengagumkan. Salah satu yang terkenal adalah Air Terjun Mondrowe. Ketinggiannya mencapai 25 meter dan lebar 20 meter. Air terjun ini menjadi yang tertinggi dan terbesar di Kepulauan Nias.

Bagi yang mengaku pencinta alam dan tertarik dengan indahnya Air Terjun Mondrowe, kamu dapat berkendara sekitar 2,5 jam dari Gunungsitoli atau kurang lebih 1,5 jam dari kawasan Teluk Dalam.

Walau areanya sedikit masuk ke dalam, tetapi akses menuju ke Air Terjun Mondrowe dari Jalan Raya Lahusa-Gomo cukup mudah.  Ada jalur jalan beton yang bisa dilewati kendaraan roda dua. Atau, kalau ingin menantang diri sendiri, kamu dapat berjalan kaki menaiki tangga setinggi 10 meter.

Harap diperhatikan langkah kaki kamu karena tangganya cukup curam dengan kemiringan sekitar 45 derajat. Nah, kira-kira 10 menit mendekati puncak air terjun, terdengarlah deru airnya yang akan membuat kamu ingin segera menceburkan diri.

Itulah 3 tempat wisata terkenal dan mempesona di Nias, Sumatra Utara, yang siap membius kamu sejak pertama kali tiba. Tentunya masih banyak lagi objek wisata di Nias yang tidak kalah keren. Tetapi pastikan kamu tidak melewatkan daftar tempat wisata di atas, ya?!

#Tag
Artikel Terkait
Mungkin Kamu Juga Suka
Tryout
Scroll Top