Manfaat Makan Bawang Putih Mentah Bagi Tubuh

7 Jun 2023  | 672x | Ditulis oleh : Team
Manfaat Makan Bawang Putih Mentah Bagi Tubuh

Bawang putih adalah salah satu bahan yang wajib ada di dapur, selain bawang putih adalah sebagai bahan dasar dalam pengolahan berbagai masakan, bawang putih juga memiliki banyak khasiat untuk tubuh kita.

Berikut ini adalah beberapa manfaat mengkonsumsi bawang putih mentah untuk kesehatan :

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh, bawang putih mentah mengandung senyawa seperti allicin, yang memiliki sifat antimikroba dan antiviral. Mengkonsumsi bawang putih mentah secara teratur dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melawan infeksi dan mencegah penyakit.
  • Menurunkan risiko penyakit jantung, bawang putih mentah telah dikaitkan dengan penuruan risiko penyakit jantung, senyawa yang ada dalam bawang putih membantu mengurangi tekanan darah, mengendalikan kolesterol dan mencegah pembentukan plak di arteri sehingga membantu menjaga kesehatan jantung.
  • Mengurangi risiko kanker, senyawa dalam bawang putih mentah memiliki efek antikanker, senyawa ini membantu melawan pertumbuhan sel kanker dan mencegah perkembangbiakan sel-sel kaner dalam tubuh.
  • Menjaga kesehatan saluran pencernaan, bawang putih mentah memiliki sifat antimikroba dan antiradang yang dapat memmbantu melawan infeksi bakteri dan parasit dalam saluran pencernaan. Selain itu bawang putih mentah juga dapat merangsang prosuksi enzim pencernaan, memperbaiki flora usus dan meningkatkan penyerapan nutrisi.
  • Mengatur gula darah, senyawa allicin dalam bawang putih dapat meningkatkan sensitivitas insulin, yang penting untuk mengontrol gula darah. Mengkonsumsi bawang putih mentah secara teratur dapat membantu mencegah dan mengelola diabetes tipe 2.
  • Mengurangi peradagngan dalam tubuh, mengurangi risiko penyakit inflamasi kronis seperti arthiritis.
  • Menjaga kesehatan tulang, senyawa seperti kalsiium fosfor, dan selenium yang penting untuk kesehatan tulang. Konsumsi bawang putih mentah dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang dan mencegah risiko osteoporosis.

Meskipun bawang putih mentah memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, namun anda tetap harus memperhatikan beberapa hal yang diwaspadai dalam mengkonsumsinya.

Berikut ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu :

  • Mengkonsumsi bawang putih dalam jumlah banyak dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti perut kembung, mulas dan diare. Mungkin bagi beberapa orang akan mengalami iritasi pada lambung, jika anda memiliki masalah atau sensitivitas terhadap bawang putih, sebaiknya berkonsultasi lebih dulu dengan dokter sebelum mengkonsumsi rutin bawang putih rutin.
  • Bawang putih mentah dapat berinteraksi dengan beberapa jenis obat, misal obat pengencer darah, obat pengontrol tekanan darah. Jadi jika anda sedang minum obat-obatan tertentu pentung untuk berkonsultasi dengan dokter atau apoteker mengenai kemungkinan interaksi dengan bawang putih mentah.
  • Bau mulut dan nafas yang kuat dalam jangka panjang setelah mengkonsumsi bawang putih mentah, jadi sebaiknya anda menggosok gigi atau mengunyah permen atau berkumur dengan obat kumur untuk mengatasi masalah bau mulut.
  • Mengalami alergi terhadap bawang putih mentah, seperti mual, ruam, gatal-gatal, atau bahkan sesak nafas. Jika anda memiliki riwayat alergi terhadap bawang putih atau keluarga Allium, sebaiknya hindari mengkonsumsi bawang putih mentah dan konsultasikan dengan dokter.

Jadi, meskipun bawang putih mentah memiliki manfaat banyak, penting untuk memperhatikan dalam mengkonsumsinya dengan bijak dan memperhatikan kondisi kesehatan masing-masing. Jika ada khawatir dengan kondisi kesehatan yang mendasarinya, selalu konsultasikan dengan ahlinya sebelum mengubah pola makan atau mengkonsumsi suplemen apapun.

#Tag
Artikel Terkait
Mungkin Kamu Juga Suka
RajaKomen
Scroll Top