Cara Membuat Masker Rambut Alpukat agar Rambut Semakin Sehat dan Berkilau

20 Feb 2022  | 278x | Ditulis oleh : Team
Cara Membuat Masker Rambut Alpukat  agar Rambut Semakin Sehat dan Berkilau

Di samping bagus untuk dimakan, alpukat adalah buah yang bisa melembapkan dan menutrisi rambut. Di dalamnya kaya akan minyak alami yang cocok untuk semua jenis rambut. Khususnya rambut yang kering dan tak ternutrisi. Tak aneh, masker rambut alpukat lumayan terkenal selaku produk untuk perawatan rambut.

Buah alpukat memiliki kandungan biotin, yaitu vitamin yang bisa meningkatkan penampilan rambut sehingga nampak sehat, berkilau, dan tak kering. Menurut riset tahun 2015, mineral di dalam alpukat ternyata bisa menghindari rambut patah, rambut pun tetap kelihatan halus dan kemilau.

Tertarik ingin mencoba perawatan rambut di rumah dengan memakai alpukat? Anda dapat bikin masker alpukat sendiri di rumah.

Cara Membuat Masker Rambut Menggunakan Alpukat

Anda tak membutuhkan banyak bahan untuk membuat masker alpukat. Caranya juga relatif gampang untuk ditiru di rumah. Di bawah ini berbagai pilihan masker yang dapat anda coba.

1. Masker Alpukat dan Minyak Kelapa

Minyak kelapa mempunyai kemampuan untuk menyerap secara mudah ke dalam rambut dan menjaga bagian luar rambut. Anda dapat membubuhkan minyak kelapa ke dalam alpukat yang sudah dilembutkan. Cukup imbuhkan 2 sdm minyak kelapa dan campurkan dengan alpukat lumat. Oleskan ke semua bagian rambut sembari memijat lembut kepala.

2. Masker Alpukat, Minyak Zaitun dan Lemon

Lemon adalah bahan yang bersifat antifungal, sifat ini bisa menunjang kurangi ketombe dan pembuatan minyak di kulit kepala. Sedangkan minyak zaitun adalah minyak alami yang bisa membantu menghaluskan tekstur rambut. Cukup mencampurkan 1 buah alpukat, 1 sdm perasan jeruk lemon dan ¼ sdt minyak zaitun yang telah dilembutkan.

3. Masker Alpukat, Telur, dan Minyak Zaitun

Untuk membuat masker satu ini, cukup sediakan 1 sdt minyak zaitun, 1 buah telur dan 1/2 buah alpukat. Haluskanlah dan aduklah seluruh bahan. Bahan-bahan ini adalah paduan yang tepat untuk menjadikan tekstur rambut jadi lembut, menjaganya dari panas dan menghindari rambut patah atau bercabang.

4. Masker Alpukat dan Aloe Vera

Aloe vera adalah bahan anti inflamasi yang dapat menyamankan kulit kepala. Vitamin di dalamnya pun dapat memberi nutrisi pada rambut. Untuk membuat masker ini, cukup campurkan 1 sdt minyak kelapa 2 sdm aloe vera dan 1 buah alpukat yang telah dilumatkan.

5. Masker Pisang dan Alpukat

Pisang adalah buah yang kaya akan silika, kandungan ini bisa menghaluskan dan meningkatkan kilau alami rambut. Anda cuma perlu melumatkan buah pisang dan alpukat lalu diaduk rata untuk membuat masker pisang dan alpukat.  

Cara Menggunakan Masker Rambut Alpukat

Supaya mendapatkan hasil rambut yang lembut dan lebih sehat, Anda perlu menerapkan masker alpukat pada rambut dengan keadaan kering supaya mendapatkan hasil rambut yang lembut dan lebih sehat. Karena masker rambut alpukat memiliki bahan dasar minyak, jika diterapkan pada rambut yang basah, penyerapannya tak akan optimal.

Sesudah masker diratakan di semua permukaan rambut, biarkan selama 20 hingga 30 menit. Bilaslah rambut dengan sampo dan air sampai bersih. Jika rambut terasa berminyak sesudah dibasuh, anda bisa keramas 2 kali untuk menghapus masker seluruhnya.

Itulah tadi cara cara yang bisa anda lakukan untuk membuat masker rambut alpukat. Tetapi anda perlu ingat bahwa merawat rambut tak cuma cukup dengan memakai masker saja. Menjaga konsumsi makanan, mengelola stres, dan istirahat yang cukup pun perlu untuk melindungi kesehatan rambut.

#Tag
Artikel Terkait
Mungkin Kamu Juga Suka
Tryout
Scroll Top