Sudah Tahu Belum? Ini 7 Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan

13 Apr 2022  | 232x | Ditulis oleh : Team
Sudah Tahu Belum? Ini 7 Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan

Siapakah yang tak tahu dengan bawang putih? Selaku salah sebuah bumbu dapur andalan, bawang putih gampang ditemui di bermacam masakan lokal atau internasional. Bawang putih mempunyai aroma khas yang menyajikan citarasa tertentu dalam suatu masakan. Dibalik rasanya yang lezat, nyatanya terdapat segudang manfaat bawang putih bagi kesehatan. Ingin tahu apa sajakah? Baca secara lengkap!

Kandungan Bawang Putih

Bawang putih adalah salah sebuah bumbu dapur yang mempunyai nutrisi tinggi dan kalori rendah. Dikutip dari Healthline, satu siung (3 gr) bawang putih mentah memiliki kandungan nutrisi seperti di bawah ini:

  • Mangan: 2% dari Nilai Harian yang diperlukan (DV)
  • Vitamin B6: 2% dari DV
  • Vitamin C: 1% dari DV
  • Selenium: 1% dari DV
  • Serat: 0,06 gr

 

Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan

Berikut ini merupakan manfaat bawang putih yang telah bisa dibuktikan melalui riset:

Menangani flu

Salah sebuah manfaat bawang putih yang terkenal ialah buat menunjang menaikkan sistim ketahanan tubuh. Menurut riset, bawang putih memang bisa menambah ketahanan dan menolong mencegah flu. Tetapi jika anda terkena flu, mengkonsumsi bawang putih bisa menunjang anda mengalami tanda-tanda yang lebih enteng.

Mengurangi tekanan darah

Tekanan darah tinggi (hipertensi) merupakan salah sebuah aspek yang menambah resiko penyakit lain. Berita baiknya bawang putih bisa menolong mengurangi tekanan darah. Menurut riset, konsentrat bawang putih bisa bekerja efisien buat mengurangi tekanan darah pada banyak orang dengan tekanan darah tinggi.

Menghindari kanker prostat

Menurut riset yang diluncurkan dalam Asian Pacific Journal of Cancer Prevention, manfaat bawang putih ialah buat mengurangi resiko kanker prostat. Kanker prostat merupakan kanker yang bisa timbul pada pria. Macam kanker ini berkembang dalam kelenjar prostat, dan biasanya dicirikan dengan masalah buang air kecil.

Menghindari penuaan

Kerusakan oksidatif dari radikal bebas bisa percepat proses penuaan beberapa sel pada tubuh. Tetapi, bawang putih mempunyai kandungan anti-oksidan yang bisa menunjang pelindungan badan dari kerusakan oksidatif. Dikutip dari Healthline, bawang putih bisa menolong mengurangi cholesterol, tekanan darah, sampai meredakan resiko penyakit Alzheimer dan demensia.

Perpanjang umur

Manfaat bawang putih yang lain yang tak kalah utama ialah dapat perpanjang umur. Bukan dengan cara langsung bisa menambahkan angka umur hidup, tetapi dikutip dari riset, bawang putih bisa bertindak menghindari penyakit beresiko menyerang badan. Salah satunya tekanan darah tinggi, yang jadi pemicu umum penyakit akut sampai kematian khususnya pada kelompok lansia.

Menjaga organ jantung

Dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, dikatakan jika minyak bawang putih bisa mendukung menjaga pasien diabetes dari keadaan kardiomiopati. Kardiomiopati merupakan penyakit akut pada miokardium (otot jantung), yang menebal, jadi membesar, dan/atau menegang secara tak biasa. Keadaan ini jadi pemicu khusus kematian pada pasien diabetes.

Cidera hati karena alkohol

Manfaat bawang putih berikutnya ialah buat menolong menangani luka hati karena alkohol. Suatu keadaan yang bisa timbul karena makan terlalu berlebih minuman mengandung alkohol dalam waktu panjang. Senyawa organosulfur yang terdapat dalam bawang putih, ditemui mempunyai dampak pelindungan pada stres oksidatif. Melalui penelitian yang dipublikasi di Biochimica et Biophysica Acta, kaum periset menyimpulkan jika kandungan dalam bawang putih ini bisa menunjang menjaga luka hati karena alkohol.

Ternyata sangat banyak ya manfaat dari bumbu dapur ini.

#Tag
Artikel Terkait
Mungkin Kamu Juga Suka
Tryout
Scroll Top