Berikut Tips Merawat Busana Denim Supaya Awet

11 Feb 2022  | 381x | Ditulis oleh : Team
Berikut Tips Merawat Busana Denim Supaya Awet

Fashion busana denim, menjadi salah satu yang seakan wajib dimiliki setiap orang jaman now. Model dan warnanya yang khas, seakan mudah untuk dipadukan dengan jenis busana lainnya, cocok nih buat kamu yang aktif diluar.

Namun, untuk perawatan jenis pakaian denim ini terbilang berbeda dengan pakaian pada umumnya. Bahkan, mencucinya saja tak dibenarkan untuk dilakukan terlalu sering lho, karena bisa merusak warna.

Hal ini, sebagai cara untuk menjaga warna dari denim agar tidak pudar dan menjaga tekstur pakaian agar tidak cepat rusak dan belel.

Lantas, bagaimana tips merawat busana berbahan denim supaya tetap awet? Berikut langkah-langkah yang bisa kamu tiru ya!

1. Perhatikan jangka waktu untuk mencuci denim

Jenis pakaian denim hanya perlu dicuci ketika benar-benar kotor. Dikutip dari Denim Hunters, jika kamu mencuci setiap 2 atau 3 bulan sekali tidak menjadi masalah. Faktanya, jika denim semakin jarang dicuci, kualitasnya akan semakin terjaga. 

2. Pastikan mencuci dalam kondisi pakaian terbalik

Bila akan mencuci denim, maka perlu membalik pakaian bagian dalam ke luar. Pastikan resleting tertutup sempurna untuk celana, atau kancing telah terpasang untuk jaket atau atasan. 

3. Gunakan air hangat

Tak ada syarat khusus, untuk pakaian denim harus dicuci secara manual dengan tangan atau menggunakan mesin cuci. Namun, penggunaan air yang disarankan adalah dengan air hangat.

4. Tambahkan cuka

Sebelum menambahkan detergen, saat akan mencuci denim maka sebaiknya menambahkan air cuka (yang berwarna putih bening). Cukup, satu cangkir atau secukupnya sesuai dengan banyaknya pakaian yang akan dicuci. 

5. Pilih detergen non pemutih

Ini merupakan bagian yang penting. Yakni, perlu memilih jenis detergen non pemutih. Disarankan,  lebih baik menggunakan detergen cair yang bisa ditemui di toko terdekat. 

6. Jangan terlalu lama mencuci denim

Mencuci denim memang perlu kejelian, dalam hal ini persingkat waktu dengan tepat. Sehingga, cukup dicuci selama beberapa menit dan hilangkan noda dengan lembut tanpa menggosok secara berlebihan agar tidak merusak serat kain. 

7. Dilarang langsung dibilas

Setelah melalui proses pencucian, jangan langsung melakukan pembilasan pada denim kamu ya. Tapi,  biarkan pakaian denim tetap terendam selama kurang lebih 30-60 menit. 

Barulah setelah itu buang air dan bilas pakaian sampai benar-benar bersih dari sabun. Atau, jika memasukkannya ke mesin cuci maka tekan mode "spin only" (maksimal kecepatan 90 rotate per menit).

8. Jangan jemur di bawah terik matahari langsung

Untuk menjaga warna tetap stay, maka cukup keringkan pakaian denim dengan cara diangin-anginkan. Hindari sinar matahari secara langsung ya.

Nah semoga bermanfaat ya dan bisa kamu praktekkan sendiri supaya busana denim kamu awet nemenin kamu kemana aja.

#Tag
Artikel Terkait
Mungkin Kamu Juga Suka
Tryout
Scroll Top