Jajanan Pagi yang Mengenyangkan dan Enak Rasanya

10 Mei 2022  | 283x | Ditulis oleh : Team
Jajanan Pagi yang Mengenyangkan dan Enak Rasanya

Sering gak sih anda jalan-jalan pagi sama keluarga atau sama teman-teman terus dipinggir jalan ada yang jualan jajanan yang panas-panas gurih, manis dan mengenyangkan. Serabi, ya makanan ini di Cirebon banyak dijumpai dipinggir jalan, dan kalau pagi atau sore itu banyak yang antri untuk membeli jajanan yang satu ini.

Serabi di Cirebon itu banyak variasinya, ada serabi polos, yaitu serabi yang hanya gurih asin saja tidak ada bahan campuran lainnya, ada serabi manis, yaitu serabi yang dicampur dengan gula merah. Ada serabi isi oncom, nah serabi isi oncom ini favorit saya karena rasanya gurih pedas asin dan dimakan dalam keadaan masih hangat enak banget.

Ada juga serabi isi telur, ini juga banyak juga yang suka dan kalau sarapan ini enaknya dengan teman tempe goreng, makannya ala-ala makan burger gitu. Belum tau yaaa, cara makannya yaitu serabi di atasnya kita kasih gorengan tempe tepung yang agak kering gitu, wah pokonya enak banget deh.

Bahan membuat serabi khas Cirebon gampang banget yaitu :

  • Siapkan 250gr tepung beras
  • ¼ kelapa parut
  • ½ sdt garam
  • Air 400 ml

Cara membuatnya tepung beras, kelapa parut, garam dicampur menjadi satu aduk-aduk sampai rata dan agak mengental, uleni sedikit sedikit selama 30menitaan sampai kalis, kemudian diamkan kurang lebih 20 menit (adonan jangan terlalu kental atau terlalu encer)

Siapkan cetakan yang terbuat dari tanah liat (ini bisa di beli di pasar tradisional) setelah cetakan panas tuangkan satu sendok sayur adonan ke dalam cetakan dengan api yang sedang sampai matang. Jika mau dikasi toping toping diatasnya pas adonan masih setengah matang, masukkan toping yang sesuai selera, misal oncom pedas gurih yang sebelumnya sudah diolah.

Jika anda berkunjung ke Cirebon anda bisa menemukan penjual serabi ini di pinggir jalan-jalan raya. Untuk di wilayah kabupaten Sumber ada yang namanya serabi selebritis, karena yang jualan serabi ini selalu ramai di kerubuti pembeli mirip selebritis.

Serabi ada juga yang di buat dengan pewarna makanan berwarna hijau rasa pandan, nah serabi ini biasanya disajikan dengan gula merah yang dibuat sebagai saosnya, dan ini dikenal dengan nama serabi kinca (jare wong cerbone) kata orang Cirebonnya.

Jajanan pagi selain serabi ada juga gonjing (jare wong cerbone) kalau di sunda namanya bandros, atau sama saja kue pancong ya kalau kata orang Jakarta mah, ini bahan-bahannya mirip seperti membuat serabi yaitu tepung beras, parutan kelapa, santan, dan garam. Terus adonan ini di cetak dalam Loyang yang memiliki cirri khas gonjing yaitu lingkaran memanjang meliuk dengan ketebalan 2 cm. Rasanya renyah gurih nikmat banget, gonjing ini bisa ditaburi gula pasir bila anda suka dengan gonjing manis, nikmat bila di makan masih hangat sama deh kaya serabi hangat-hangat nikmat.

Gonjing bisa dinikmati pagi atau sore hari untuk teman santai saat minum the atau segelas kopi panas, sambil berjemur di bawah matahari pagi. Penjual gonjing ini biasanya berkeliling atau mangkal di tempat. Jika anda ke Cirebon dan ingin makan jajanan ini anda bisa datang ke pusat grosir pasar balong.

Harga gonjing dan serabi sangat terjangkau anda bisa bebas mau beli berapapun, dan anda bisa pesan yang masih panas, tentu saja kalau anda mau sabar menunggu. Karena pnjualnya juga tidak akan keberatan jika pembeli mengiginkan gonjingnya masih panas.

Jajanan pagi yang mengenyangkan dan enak rasanya, tentu saja gak kalah dengan jajanan jaman sekarang. Jajanan tempo dulu ini masih eksis walaupun banyak macam jajanan modern yang tumbuh subur dimana-mana.

Anda bisa menemukan berbagai macam info resep dan kuliner lainnya di selerasa.com, di selerasa.com banyak sekali memberikan info menarik seputar kuliner, makanan, resep dari berbagai daerah yang ada di Indonesia.

#Tag
Artikel Terkait
Mungkin Kamu Juga Suka
Tryout
Scroll Top