Ahli Ingatkan Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental Anak

12 Jun 2024  | 193x | Ditulis oleh : Team
Ahli Ingatkan Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental Anak

Selain kesehatan fisik, orang tua juga dihimbau untuk terus meningkatkan kewaspadaan terhadap masalah kesehatan mental pada anak-anak.

Menjaga kesehatan anak di masa pancaroba sangat penting, begitu juga kesehatan mental anak. Kesehatan mental anak adalah suatu cara bagaimana anak berpikir dirinya sendiri dan bagaimana dia dengan sekelilingnya.

Kesehatan anak sangat penting, karena menurutnya, ini merupakan proses anak beradaptasi dengan lingkungannya dan akan mempengaruhi kesehatan mentalnya ketika dewasa nanti.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) kesehatan mental adalah kondisi sejahtera seseorang, ketika seseorang menyadari kemampuan dirinya, mampu untuk mengelola stres yang dimiliki serta beradaptasi dengan baik, dapat bekerja atau beraktivitas secara produktif, dan berkontribusi untuk lingkungannya.

Kesehatan mental adalah dasar yang penting bagi seseorang, termasuk anak-anak. Kesehatan mental anak merupakan fondasi untuk anak bisa beradaptasi dengan masa yang akan datang.

Perlu diingat bahwa para ahli menekankan, bahwa gangguan kesehatan mental itu tidak berarti orang itu gila.

Gangguan kesehatan mental ada banyak sekali jenisnya dan beragam gejalanya, serta tatalaksana yang bisa dilakukan untuk membantu pemulihannya.

Sebagai orang tua harus melakukan deteksi dini secepat mungkin terhadap potensi atas kemungkinan terjadinya gangguan kesehatan mental pada anak-anak.

Kondisi anak akan lebih baik, jika orang tua dapat cepat mendeteksi kesehatan mental anak sudah bisa dimulai sejak usia sekolah, karena anak sudah terpapar dengan stres.

Jika tidak diperhatikan sejak dini, maka gangguan kesehatan mental pada anak dapat memperburuk kondisi mental anak ketika remaja hingga dewasa.

Orang tua harus menyadari berbagai oerubahan atau tindakan maupun emosi anak, misal saat anak yang lincah tiba-tiba murung dan pendiam, tidak mau berinteraksi dengan orang lain.

Untuk dapat membantu memperhatikan kondisi kesehatan mental anak, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mendidik dan menemani tumbuh kembang anak.

Salah satunya saat ibu menyusui, biasakan mengajak anaknya berkomunikasi, sehingga memberikan perhatian penuh kepada anaknya.

Hal tersebut baik, karena tiga aspek tumbuh kembang anak adalah asah, asih, dan asuh. Dengan begitu ibu dapat melakukan tabungan sederhana untuk kesehatan mental anak sejak masih bayi.

Kesehatan adalah kekayaan yang sebenarnya, dengan menjaga kesehatan kita bukan hanya meningkatkan kualitas hidup, tetapi juga berkonstribusi terhadap kesejahteraan komunitas secara keseluruhan.

Pafiondongsiau.org sebagai wadah atau organisasi profesi para tenaga ahli farmasi profesi asisten apoteker seluruh Indonesia. PAFI memiliki misi untuk bersama-sama memrangi obat illegal dan mencegah terjadinya penyalahgunaan obat dan penggunaan obat yang salah.

#Tag
Artikel Terkait
Mungkin Kamu Juga Suka
Tryout
Scroll Top