Pesantren dengan Lokasi yang Strategis

28 Nov 2023  | 104x | Ditulis oleh : Admin
pesantren Al Masoem

Pesantren merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam yang telah lama ada di Indonesia. Pesantren memiliki peran penting dalam mencetak generasi muda yang berilmu dan berakhlak. Dalam memilih pesantren, salah satu faktor yang penting untuk dipertimbangkan adalah akses dan lokasi. Pesantren yang memiliki akses mudah dan lokasi yang strategis akan memudahkan santri untuk menjangkau pesantren tersebut. 

Beberapa pondok pesantren memiliki akses yang sedikit sulit seperti harus ke pelosok terlebih dahulu dan beberapa memang sengaja berada di lingkungan seperti itu agar santri bisa jauh dari laulalang padatnya kota sehingga santri akan mendapatkan atmosfer yang fresh. Tapi beberapa pesantren malah berada di sekitar jalan nasional agar lebih mudah diakses, nah jenis pesantren seperti ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing tergantung dari kebutuhan anda sebagai orang tua untuk mencari pesantren yang seperti apa.

Kelebihan pesantren dengan lokasi yang strategis

Setidaknya ada beberapa kelebihan yang akan didapatkan orang tua jika mereka memilih jenis pesantren dengan lokasi yang mudah dijangkau diantaranya : 

Akses yang mudah

Hal pertama yang didapatkan orang tua jika mempesantrenkan putra putrinya di pondok pesantren yang memang memiliki akses lokasi yang mudah adalah orang tua akan bisa dengan mudah berkunjung dan melongok putra putrinya.

Hemat waktu

Hal selanjutnya yang akan didapatkan orang tua ketika mereka menyekolahkan dan mempesantrenkan putra putrinya di lokasi yang strategis adalah orang tua akan mendapatkan waktu yang jauh lebih sedikit karena akses yang mudah. Selain itu juga orang tua tentu saja dapat menghemat bahan bakar kendaraan jika akses ke lokasi pendidikan yang lebih mudah, selain itu juga orang tua tidak akan bingung jika menjemput karena yang ada di sekolah yang dekat dengan jalan nasional akan lebih mudah diakses baik itu secara langsung ataupun melalui maps.

Aksesibilitas yang baik

Pesantren yang memiliki lokasi yang strategis akan memiliki aksesibilitas yang baik. Hal ini akan memudahkan santri untuk mendapatkan berbagai kebutuhan mereka, seperti makanan, pakaian, dan transportasi.

Beberapa contoh pesantren dengan lokasi yang strategis di Indonesia, antara lain:

  • Pondok Pesantren Siswa Al Masoem, Jawa Barat
  • Pondok Pesantren Gontor, Ponorogo, Jawa Timur
  • Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur
  • Pondok Pesantren Darussalam Gontor Putri, Ponorogo, Jawa Timur
  • Pondok Pesantren Darul Ulum, Jombang, Jawa Timur

Beberapa sekolah memang memiliki tujuannya masing masing, dari lokasi yang strategis hingga pesantren yang sengaja berada di pelosok. Intinya semua tergantung dari kebutuhan orang tua lebih suka yang mana. Jenis pesantren apapun itu pasti memiliki tujuan yang sama yaitu membentuk pribadi santri yang berakhlak mulia tapi setiap pesantren tentu saja memiliki pendekatan yang berbeda beda dari satu pesantren dengan pesantren lainnya. Intinya lokasi dan akses menuju pesantren tidak akan mempengaruhi siswa secara akademik tapi suasana yang memang kadang bising jika dekat dengan jalan nasional dapat sedikit mengganggu konsentrasi santri apalagi pada waktu tidur tapi jika pesantren yang ada di pedalaman atau akses yang memang sedikit sulit santri akan lebih memiliki kualitas tidur yang baik tapi aksesibilitas yang mungkin tidak sebaik pesantren yang ada di dekat jalan nasional.

#Tag
Artikel Terkait
Mungkin Kamu Juga Suka
Tryout
Scroll Top