Jus Mentimun yang Seger Efektif Turunkan Asam Urat

12 Agu 2023  | 627x | Ditulis oleh : Team
Jus Mentimun yang Seger Efektif Turunkan Asam Urat

Jus mentimun efektif menurunkan asam urat. Hal ini dikarenakan timun merupakan makanan yang rendah purin, sehingga cocok untuk penderita asam urat. Mentimun juga enak dikonsumsi bersama dengan sambel terasi, rasanya nikmat dan mantul.

Menurut TV India, Jumat (8/11/2023), jus mentimun dapat menurunkan asam urat dengan cara mengeluarkan purin dari dalam tubuh. Nah, ini sangat cocok diminum siang hari di cuaca yang terik, rasanya membuat badan kembali seger dan semangat.

Minum jus mentimun dengan jus lemon juga dapat membantu detoksifikasi hati, ginjal, dan menurunkan kadar asam urat dalam darah.

Menurut Times of India, hal ini disebabkan kandungan potasium dan fosfor yang membantu detoksifikasi ginjal, membantu meningkatkan fungsi ginjal dan membuang racun tubuh. Di sisi lain, sayuran ini juga sangat rendah purin, hanya mengandung 7,3 mg per 100 g. Umumnya, makanan tinggi purin mengandung lebih dari 200 mg per 100 g.

Selain rendah purin, mentimun juga tinggi air yang juga baik untuk menurunkan asam urat. Air membantu mengeluarkan asam urat dari tubuh.

Untuk ini, mentimun dapat meningkatkan asupan air harian Anda secara signifikan. Karena bahan-bahan tersebut, mentimun sangat ideal untuk diet rendah purin dan untuk pencegahan asam urat.

Asam urat sendiri merupakan salah satu bentuk radang sendi yang bisa menyerang siapa saja. Kondisi ini ditandai dengan nyeri hebat yang tiba-tiba, pembengkakan, kemerahan, dan nyeri pada satu atau lebih persendian.

Serangan asam urat paling sering terjadi di jempol kaki. Gangguan ini dapat diatasi dengan pengobatan dan perubahan pola hidup sehat, seperti menghindari makanan atau minuman yang mengandung purin.

#Tag
Artikel Terkait
Mungkin Kamu Juga Suka
Rajakomen
Scroll Top