Bikin Orang Bengong, Ini 7 Manfaat Teh Oolong Bagi Kesehatan Tubuh

24 Feb 2022  | 166x | Ditulis oleh : Team
Bikin Orang Bengong, Ini 7 Manfaat Teh Oolong Bagi Kesehatan Tubuh

Anda senang minum teh? Tentu sudah tak asing lagi mendengar jenis teh oolong. Ya, sama seperti kopi, nyatanya teh juga mempunyai banyak jenis serta varian yang dapat menjadi pilihan penikmatnya. Tak cuma teh hijau, chamomile, ataupun teh hitam, ada pula teh oolong. Menurut hasil riset teh oolong cuma mewakili 2% dari teh yang dibuat serta dikonsumsi di dunia. Tetapi, ada banyak manfaat ataupun faedah teh oolong bagi kesehatan tubuh yang dapat anda miliki. Sebetulnya, apa sih teh oolong? Lantas, apa saja manfaatnya untuk kesehatan tubuh?

Dikabarkan dari laman Healthline, berikut uraian lebih dalam masalah teh oolong.

Apa itu Teh Oolong?

Untuk Anda yang belum mengetahuinya, teh oolong adalah teh tradisional China, dibuat dari daun tanaman Camellia sinensis di mana tanaman yang sama untuk dimanfaatkan memproduksi teh hijau serta teh hitam. Perbedaannya berada pada cara teh tersebut diproses. Dengan cara proses oksidasi inilah akhirnya tercipta teh hijau, hitam, ataupun oolong.

Untuk nutrisi, teh oolong mempunyai kandungan yang nyaris sama dengan teh hijau serta hitam, di antaranya memiliki kandungan sejumlah vitamin, mineral, serta antioksidan yang berguna bagi tubuh. Bila Anda minum secangkir teh oolong memiliki kandungan beberapa kalsium, magnesium, serta potasium dan kafein kira-kira 39 miligram, lebih besar ketimbang teh hijau.

Manfaat Teh Oolong Bagi Kesehatan Tubuh

Lantas apa saja manfaat teh oolong bagi kesehatan tubuh yang dapat Anda miliki? Simaklah di bawah ini!

Membantu Menjaga Tubuh Dari Diabetes

Manfaat teh oolong bagi kesehatan tubuh salah satunya ialah membantu menjaga terhadap penyakit diabetes serta komplikasi dari diabetes. Suatu penelitan dari tahun 2021 serta analisis dari tahun 2019 mengatakan jalinan antara penggunaan teh secara rutin, kenaikan manajemen gula darah, serta resiko lebih rendah terserang diabet tipe 2. Tetapi, efek tertentu teh oolong biasanya belum ataupun tak diteliti sebaik teh hijau ataupun hitam.

Menambah Kesehatan Jantung

Menurut suatu riset, mengkonsumsi antioksidan teh secara rutin pula bisa menambah kesehatan jantung. Tidak cuma itu, riset lainnya yang dilaksanakan di China mengatakan bahwa orang dewasa yang minum 1-2 cangkir teh hijau ataupun oolong setiap hari secara berarti mengurangi resiko stroke.

Membantu Mengurangi Berat Badan

Manfaat teh oolong bagi kesehatan tubuh yang lain ialah membantu mengurangi berat badan. Pemakaian teh serta pengurangan berat badan sudah lama berhubungan, serta memang banyak riset melukiskan ikatan antara senyawa bioaktif dalam teh dan pengurangan berat tubuh ataupun mencegah kegemukan.

Menaikkan Peran Otak

Analisis terkini membuktikan bahwa pemakaian teh bisa membantu melindungi peran otak serta memori, dan mungkin menjaga pada pengurangan terkait umur. Kenyataannya, berbagai komponen teh bisa berguna untuk peran otak. Kafein bisa menaikkan pelepasan norepinefrin serta dopamin. Kedua kandungan itu ialah pembawa pesan otak yang diduga berguna untuk mood, atensi, serta peran otak.

Membantu Menjaga Jenis Kanker Khusus

Kaum ilmuwan yakin bahwa kandungan antioksidan yang terdapat dalam teh hitam, hijau, serta oolong bisa membantu menghindari mutasi sel yang bisa mengakibatkan timbulnya kanker dalam tubuh. Tidak cuma itu, kandungan polifenol teh pun bisa mengurangi taraf pembelahan kanker. Sepanjang beberapa tahun, ada berbagai riset yang mempelajari jalinan penggunaan teh serta pengurangan resiko kanker khusus, seperti kanker paru-paru, tenggorokan, pankreas, hati, serta kolorektal. Perlu dikenali, sebagian besar riset yang dilaksanakan lebih banyak berpusat pada teh hijau ataupun hitam, tetapi lantaran teh oolong mempunyai kandungan yang nyaris sama, maka diharapkan mempunyai faedah yang sama.

Membantu Meningkatkan Kekuatan Gigi Serta Tulang

Ya, antioksidan yang ditemui dalam teh oolong bisa membantu melindungi gigi serta tulang supaya selalu kuat. Suatu riset yang ada di laman National Library Medicine, membuktikan bahwa orang yang minum teh hitam, hijau, ataupun oolong tiap-tiap hari selama periode 10 tahun mempunyai kepadatan mineral tulang total 2% bertambah besar.

Meringankan Eksim

Tahukah anda, bahwa baik teh hitam ataupun hijau sudah dipelajari kemampuannya membantu meringankan gejala dermatitis atopik ataupun eksim. Begitu juga, satu riset kecil dari tahun 2001 melihat kekuatan teh oolong untuk menunjang menangani eksim pada 118 orang dengan kasus eksim parah. Mereka diminta untuk minum 1 liter teh oolong setiap hari serta sesudah satu bulan, kelihatan ada perbaikan pada keadaan mereka.

Itulah berbagai penjelasan mengenai teh oolong dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh yang harus anda kenali. Jenis apa yang jadi kesukaan anda?

#Tag
Artikel Terkait
Mungkin Kamu Juga Suka
Rajakomen
Scroll Top