Bahayanya TikTok Bagi Remaja

12 Feb 2022  | 177x | Ditulis oleh : Team
Bahayanya TikTok Bagi Remaja

Tik Tok adalah salah satu aplikasi yang sedang trend saat ini, aplikasi tersebut berisi video video menarik dari seluru content creator didunia, tiktok mulai viral semenjak 2 tahun terahir dimana masyarakat indonesia lebih suka membuat video di tiktok dengan mengikuti trend yang sudah ada, tiktok tidak hanya populer dikalangan remaja, namun anak anak dan orang tua juga banyak yang menggunakan aplikasi tiktok untuk membuat video atau hanya sekedar menonton video.

Tiktok diciptakan oleh Zhang Yiming. yang merupakan lulusan Universitas Nankai dengan jurusan Software Engineer.awalnya aplikasi tersebut bukanlah bernamama tiktok. pada satu tahun pertama tiktok berhasil mendapatkan 100juta pengikut, inilah yang menyebabkan pemilik perusahaan berani untuk memperkenalkan tiktok diseluruh dunia.

Tapi taukah anda bahwa tiktok memiliki kelebihan dan kekurangan bagi anak anak, remaja dan orang dewasa?..yah tiktok memiliki kelebihan, seperti pengguna jadi lebih paham mengenai cara pengambilan video dan editing video, nah dengan adanya editig didalam aplikasi tiktok, banyak pengguna terbantu akan pentingnya editing di setiap video yang akan di upload, serta pengguna harus paham dalam memilih judul dan tag supaya video mereka dapat bersaing dipasar dunia.

Selain kelebihan diatas, aplikasi tiktok juga memiliki kekurangan dan tentunya antara kelebihan dan kekurangan lebih banyak mengandung kekurangan, kekurangan aplikasi tiktok sebagai berikut.

1.Didalam aplikasi tersebut banyak video video yang tidak pantas untuk ditonton oleh kalangan anak anak maupun remaja, di tiktok banyak orang yang membuat video dengan menggunakan pakaian pakaian yang tak pantas dengan ajaran agama kita.

2.Aplikasi tersebut memiliki banyak creator tiktok yang membuat video dengan bahasa yang tak sepantasnya untuk kita dengar. bukan cuma sampai disitu, efek tiktok bagi kalangan anak anak dan pelajar juga mempengaruhi nilai moral mereka, bahkan sampai lali akan kewajiban mereka sebagai pelajar, hanya karena membuat video tiktok banyak anak anak dan pelajar yang lupa akan waktu, tugas bahkan pelajaran mereka sendiri. 

3.Selanjutnya yaitu bahaya aplikasi tiktok untuk orang dweasa, hanya karena menyaksikan video tiktok mereka jadi lalai mengerjakan pekerjaan yang seharusnya mereka kerjakan, pernah dengar kasus anak nangis malah ibunya main tiktok?..nah serem juga kan sob efek dari apilkasi tiktok di kehidupan sehari hari.

4. Nah yang ini cukup seram juga sob. tak cukup sampai disitu banyak content creator tiktok yang membuat challange challange yang berbau negatif, jangan sekali kali anda mengikuti challange yang membahayakan bagi diri sendiri atau orang lain apalagi sampai merenggut nyawa hanya untuk keperluan semata, hal tersebut justru malah membahayakan diri kita sendiri bahkan orang lain sob, banyak juga kok challange positif yang dapat anda ikuti dan pastinya tidak sampai membahayakan nyawa.

Nah sobb, tulisan diatas hanya secarik kebaikan dan keburukan dari aplikasi bernama tiktok, jika kita mau menggali lebih dalam lagi, pasti kita akan paham betul betapa bahayanya aplikasi tiktok bagi kita. mari sama sama kita rubah kebiasaan buruk menggunakan aplikasi tiktok dengan trend trend yang tak sepantasnya kita lihat apalagi sampai kita tiru,mari kita rubah menjadi hal hal yang positif seperti membuat video tutorial memasak, make up dan lain sebagainya yang sekiranya banyak mengandung manfaat bagi diri sendiri bahkan untuk orang lain.

Banyak hal hal positif yang dapat dijadikan content video menarik. jangan hanya membuat content yang banyak mengandung hal hal yang berbau negatif. yang tak kalah penting selalu bijak dalam memilih tontonan, jika dirasa tontonan yang anda pilih jauh dari kata positif, lebih baik anda cari tontonan yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain, jangan hanya karena ingin dilihat menarik anda sampe rela membuat content yang membahayakan diri sendiri bahkan orang lain, jadilan pengguna aplikasi tiktok yang bijak dan memiliki etitud dalam menggunakan aplikasi tersebut. 

(ditulis oleh Umar Shiddiq)

#Tag
Artikel Terkait
Mungkin Kamu Juga Suka
Rajakomen
Scroll Top