Temukan 9 Manfaat Kesehatan Dari Kacang Panjang Yang Dapat Mengurangi Asam Urat

10 Jan 2023  | 88x | Ditulis oleh : Team
Temukan 9 Manfaat Kesehatan Dari Kacang Panjang Yang Dapat Mengurangi Asam Urat

Kacang panjang memiliki banyak manfaat kesehatan yang jarang diketahui banyak orang. Padahal, kacang panjang memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Efek kesehatan dari kacang panjang adalah karena banyaknya nutrisi yang dikandungnya.

Kandungan gizi kacang panjang seperti protein, serat, kalium, kalsium, zat besi, magnesium, vitamin C, vitamin B6 dan lain-lain.

Selain banyak manfaatnya, kacang panjang juga memiliki rasa yang lumayan enak. Kacang panjang juga sering diolah menjadi berbagai makanan di Indonesia.

Lantas apa saja manfaat kesehatan dari kacang panjang?

Dikutip dari Health Benefit Times dan ini beberapa manfaat kesehatan dari kacang panjang termasuk:

1. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat kacang panjang untuk kesehatan yang pertama yakni menjaga kesehatan kulit. Hal tersebut dikarenakan kacang panjang mengandung cukup banyak vitamin C yang mampu mengurangi munculnya keriput, kekeringan kulit dan memperlambat proses penuaan.

Vitamin C dalam kacang panjang sangat penting untuk kulit, ligamen, pembuluh darah dan tendon serta mempercepat proses penyembuhan.

Beberapa bukti juga menunjukkan bahwa kacang panjang yang tinggi vitamin C mengurangi kemerahan pada kulit dan membantu mencegah kanker kulit juga.

2. Menurunkan Risiko Asam Urat

Selai itu, kacang panjang juga bermanfaat untuk menurunkan risiko asam urat. Hal tersebut juga disebabkan oleh melimpahnya kandungan vitamin C dalam kacang panjang.

3. Menangkal Radikal Bebas

Kacang panjang juga mengandung cukup banyak antioksidan yang mampu menangkal berbagai macam radikal bebas yang membahayakan kesehatan.

Penumpukan radikal bebas menghasilkan penyakit kesehatan seperti penyakit jantung, kanker dan radang sendi. Oleh sebab itu, mengkonsumsi kacang panjang bisa dijadikan salah satu alternatif.

4. Mengurangi Risiko Kanker

Manfaat kacang panjang selanjutnya juga tak kalah hebat yakni mampu mengurangi risiko kanker. Hal tersebut dikarenakan kacang panjang mengandung cukup banyak folat yang bermanfaat untuk mengurangi risiko kanker.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Selain mampu mengurangi risiko kanker, folat dalam kacang panjang juga baik untuk menjaga kesehatan jantung. Selain itu, mengkonsumsi kacang panjang juga mampu menurunkan berbagai risiko dan gejala penyakit jantung.

6. Membantu Tidur Nyenyak

Manfaat kacang panjang selanjutnya yaitu mampu membantu tidur nyenyak. Pasalnya, kacang panjang mengandung magnesium yang penting untuk menenangkan otak dan meningkatkan relaksasi.

Sehingga mengkonsumsi kacang panjang mampu mengatasi gangguan dan masalah tidur.

7. Baik Untuk Kehamilan

Selama kehamilan, kacang panjang adalah salah satu makanan yang baik untuk dikonsumsi. Pasalnya, kacang panjang mengandung banyak nutrisi yang baim untuk kesehatan kandungan.

8. Menjaga Sistem Pencernaan

Kacang panjang juga termasuk salah satu sayuran yang mengandung banyak serat. Sehingga mengkonsumsi kacang panjang mampu melancarkan sistem pencernaan dan mencegah sembelit.

9. Meningkatkan Kesehatan Mata

Manfaat kacang panjang untuk kesehatan berikutnya yaitu mampu meningkatkan kesehatan mata. Hal tersebut dikarenakan kacang panjang mengandung tiamin yang baik untuk kesehatan mata.

Dilansir Health Benefit Times, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa tiamin dalam kacang panjang dapat membantu mempertahankan diri dari masalah penglihatan seperti katarak dan glaukoma. Selain itu, kacang panjang juga mampu untuk mempengaruhi sinyal saraf dan otot yang penting dalam menyampaikan informasi dari mata ke otak.

Demikian beberapa manfaat kacang panjang untuk kesehatan, semoga bermanfaat.

#Tag
Artikel Terkait
Mungkin Kamu Juga Suka
Rajakomen
Scroll Top