Mengenal Jurusan Kuliah di Bidang Kesehatan Lebih Dekat Lagi Yuk

14 Jun 2024  | 286x | Ditulis oleh : Team
Mengenal Jurusan Kuliah di Bidang Kesehatan Lebih Dekat Lagi Yuk

Kali ini kita akan membahas lebih dalam lagi tentang jurusan di bidang kesehatan. Ayo siapa yang mau tapi ragu-ragu? Atau sudah mantap dengan pilihan hati dengan jurusan kesehatan ini. Atau mungkin sudah ikut tes namun masih gagal, sabar aja ya karena tahun depan kamu masih bisa ikut UTBK lagi.

Kita mulai aja yuk mengulas lebih dalam apa aja sih yang termasuk jurusan kesehatan. Oh iya bukan Cuma itu aja lho, kita juga bakal kasih info seputar prospek kerjanya. Yuk let’s start the journey.

Mengapa Jurusan di Bidang Kesehatan Sangat Dibutuhkan?

Seperti kita sudah ketahui bersama, kalau sekarang ini banyak sekali lahan pekerjaan di bidang kesehatan. Seluruh daerah di Indonesia sangat membutuhkan tenaga ahli kesehatan. Pemerintah Indonesia sendiri sudah mengumumkan jika Indonesia sangat butuh para tenaga kesehatan ini.

Terlebih untuk wilayah Indonesia ini kan sangat luas sekali, jadi pemerintah sendiri menginginkan kesehatan yang merata di seluruh wilayah Indonesia.

Pengalaman pandemi yang pernah melanda dunia, begitu banyak tenaga kesehatan yang gugur, jadi pemerintah mengharapkan adanya regenerasi mahasiswa di bidang kesehatan ini. Untk itulah jurusan ini benar-benar sangat dibutuhkan di Indonesia.

Sikap Apa Saja yang Harus Dimiliki oleh Tenaga Kesehatan

Menjadi seorang tenaga kesehatan atau medis memang tidaklah mudah. Banyak sekali yang harus dipelajari dan dilakukan selama menjabat, nah berikut ada beberapa sikap yang harus dimiliki untuk menjadi seorang tenaga medis.

  • Sabar

Menghadapi banyak orang membutuhkan kesabaran yang ekstra ya, karena sifat orang itu berbeda-beda, terlebih bagi yang sakit. Pasti banyak mengeluhkan ini dan itu, sebagai tenaga medis yang tangguh, kamu wajib memiliki sikap sabar. Dengan begitu oekerjaan akan bisa berjalan dengan baik.

  • Rela berkorban

Sikap rela berkorban adalah yang paling sulit untuk diterapkan. Banyak sekali yang harus dilakukan jika menjadi seorang tenaga medis. Di saat orang-orang harus berlibur dan istirahat, kamu malah harus siap memberikan pelayanan untuk pasien.

  • Telaten

Tenaga medis harus memiliki sikap telaten, terutama bagi kamu yang harus melakukan perawatan kepada pasien.

  • Teliti

Namanya juga berhubungan dengan manusia ya, maka sikap teliti harus ada tuh. Telaten merawat pasien menjadi kunci kesembuhan mereka. Jadi jangan pernah main-main saat menjalankan tugas.

  • Cekatan

Petugas medis harus cekatan, kalau gak cekatan bisa jadi pasien terlambat untuk ditolong.

Apa Aja Sih Jurusan Kesehatan Itu?

  • Farmasi

Jurusan kesehatan yang satu ini akan berkecimpung dengan dunia obat-obatan/ mahasiswa farmasi akan lebih banyak belajar tentang senyawa kimia dan obat-obatan yang layak dikonsumsi oleh masyarakat.

Jurusan ini cocok buat kamu yang menggemari biologi dan kimia, prospek kerjanya kamu akan menjadi seorang apoteker, analisis kontrol kualitas atau bisa juga menjadi seorang dosen.

  • Kedokteran Umum

Jurusan kedokteran umum sudah pasti adalah bagian dari jurusan di bidang kesehatan. Biasanya jurusan ini akan memperlajari tentang biologi dan kimia. Dan untuk menjadi seorang dokter kamu harus kuliah selama 5 tahun.

Kalau kamu ingin menjadi dokter spesialis, maka kamu harus kuliah 5 tahun lagi, barulah kamu bisa menjadi dokter spesialias yang diinginkan.

  • Kedokteran Gigi

Jurusan paling favorit di bidang kesehatan ini memang sudah menjadi idaman di kalangan masyarakat Indonesia. Berbeda dengan jurusan kedokteran umum, kedokteran gigi lebih banya belajar tentang anatomi seputar gigi dan mulut.

Oh iya setelah kamu menjadi dokter gigi, kamu bisa mengambil spesialis juga, seperti spesialias Orthodonti, Konservasi, dan Gigi anak. Untuk meyelesaikan studi ini membutuhkan waktu kurang lebih 5 tahun di tambah 5 tahun lagi untuk spesialis.

  • Ilmu Gizi

Jurusan ini memperlajari asupan kesehatan tubuh manusia. Jurusan ini berkaitan erat dengan gizi, kesehatan tubuh manusia dan berhubungan dengan keadaan sosial ekonomi.

Jurusan ini cocok untuk kamu yang gemar tentang makanan dan kesehatan tubuh manusia. Lulusannya biasanya bisa menjadi seorang nutritionist, konselor diet, dan konselor rehabilitasi.

  • Kebidanan

Kebidanan adalah juruan bidang kesehatan yang sangat erat dengan ibu dan bayi. Dalam jurusan ini mahasiswa kebidanan akan mendalami bagaimana teori dan praktikum mengenai kehamilan, ibu menyusui dan balita.

Lulusan kebidanan akan berkolaborasi dengan dokter kandungan saat membantu ibu melahirkan. Perlu kamu ketahui juga nih, kalau jurusan ini nanti kamu bisa belajar ilmu keperawatan juga.

  • Keperawatan

Keperawatan tak jauh dari ilmu kedokteran dan kebidanan. Jadi bagi kamu yang masu masuk ke jurusan ini kamu akan belajar banyak tentang proses perawatan pasien, ara menyuntik, hingga proses perawatan luka.

Lulusan keperawatan biasanya akan mengukir karir menjadi seorang perawat di berbagai rumah sakit, klinik, hingga pelayanan masyarakat.

  • Kesehatan Masyarakat

Jurusan ini cocok nih buat kamu yang mau jadi perawat tapi gak mau berhubungan dengan pasien. Jurusan ini mepelajari resiko kesehatan di lingkup masyrakat hingga kesehatan di bidang proyek.

Karena jurusan ini berkaitan dengan masyarakat sebagai kelompok sosial, maka pelayanannya juga tertuju pada skala besar, seperti keluarga, omunitas, bahkan rakyat suatu nehara. Jadi bukan Cuma terbatas pada individu layaknya dokter. Lulusan ini biasanya bekerja diberbagai aspek, seperti menjadi seorang ahli K3, penyuluh kesehatan masyarakat, dan pakar kesehatan lingkungan.

  • Fisioterapi

Jurusan ini sangat erat hubungannya dengan terapi. Terutama pada penanganan pada gerak tubuh manusia, tulang, dan otot.

Jurusan ini kamu bisa mengenal banya tentang ilmu biologi. Karena saat memasuki jurusan ini kamu harus siap untuk belajar anatomi tubuh manusia. Sementara lulusan jurusan ini bisa menjadi seorang terapis dan ahli pengobatan fisik.

  • Radiologi

Siapa yang sudah pernah melakukan rontgen, USG atau MRI? Nah jurusan ini merupakan jurusan yang belajar lebih dalam tentang proses rontgen, usg dan MRI. Belajarnya tentu tidak semudah itu, karena jurusan ini akan mendalami bagaimana proses diagnosis gelombang elektromagnetik, sinar x yang aan mendeteksi keberadaan di dalam tubuh manusia.

Kuliah jurusan ini sangat membutuhkan konsentrasi dan ketelitian tingkat tinggi. Sehingga lulusan ini diharapkan mampu melakukan pelayanan yang tepat untuk semua pasien. Setelah lulus para alumni akan berprofesi sebagai terapis radiologi, terapis dengan analisis tenaga nuklir, hingga konselor genetis.

  • Analisis Medis

Jurusan teknologi laboratorium atau dikenal dengan analis medis adalah jurusan kesehatan yang fokus dengan penelitian di laboratorium. Seperti melakukan penelitian penyakit manusia melalui darah, feses, hingga urin.

Masu jurusan ini akan mempelajari tentang biologi dan berhubungan erat dengan penelitian mikrobiologi, parasitologi, sel darah manusia, kimia klinik, hingga imonologi manusia.

  • Manajemen Rumah Sakit

Jurusan ini memperlajari kesehatan masyarakat umum serta strategi pemecahan masalah mengenai pelayanan rumahsakit pusat kesehatan. Walau jurusan ini salah satu jurusan bidang kesehatan tetapi lulusannya tidak bertugas untuk merawat atau behubungan langsung dengan pasien.

Lulusan ini nantinya akan bertanggung jawab dalam membantu pasien agar bisa lebih pulih lebih cepat, dan memastikan kualitas kesehatan dan mengawasi kinerja sumber daya manusia yang ada di rumah sakit. Oleh karena itu kamu akan mendalami segala hal mengenai operasonal dan menejemen rumah sakit.

  • Kesehatan Lingkungan

Jurusan ini belajar tentang bagaimana menciptakan sebuah lingkungan yang bersih, sehat dan nyaman. Dalam jurusan ini kamu akan belajar bagaimana mengatasi sanitasi lingkungan, tempat umum, industri, hingga sektor pertambangan. Dimana kamu disini akan dibekali ilmu risk management.

Lulus dari sini kamu bisa bekerja sama di badan pemerintah, perusahaan, dan sektor lain yang sangat membutuhkan dari jurusan ini.

  • Bioteknologi

Jurusan ini berfokus mengkaji pengembangan teknologi yang dapat diimplementasikan pada pengembangan ataupun pemulihan makhluk hidup hingga menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Jika kamu ambil jurusan ini maka mata kuliah yang dipelajari yaitu biologi sel, bioteknologi lingkungan, biologi molekuler, biostatistika, kultur jaringan, dna forensik, terapi gen, hingga steam cell.

Nah itu dia tadi penjelasan mengenai jurusan di bidang kesehatan, buat kamu yang berminat kuliah di bidang kesehatan bisa banget tuh untuk obervasi lebih dulu, atau bisa masuk ke pafikotawonogiri.org, kamu bisa mendapatkan informasi lengkap seputar ahli kesehatan dan ahli farmasi disini. Semoga bermanfaat.

#Tag
Artikel Terkait
Mungkin Kamu Juga Suka
Rajakomen
Scroll Top