Kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat di Tanimbar

25 Jun 2024  | 252x | Ditulis oleh : Admin
Kampanye Gerakan Masyarakat  Hidup Sehat di Tanimbar

Kampanye dalam mendukung pelaksanaan kegiatan gerakan masyarakat hidup sehat di kabupaten Tanimbar, provinsi Maluku. Kegiatan itu bertempat di lapangan Mandwiriak Saumlaki.

Pejabat Bupati Kabupaten Kepulauan Tanimbar yang menghadiri kegiatan itu, menyampaikan dalam sambutannya bahwa “Saat ini Indonesia mengalami transisi Epidemiologi, dimana jumlah penduduk usia produktif dua kali lipat dibandingkan usia non produktif.

Hal itu menjadi potensi sekaligus tantangan untuk peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Gerakan masyarakat hidup sehat yang dicanangkan pada tahun 2017 melalui Inpres Nomor 1 tahun 2017 tentang masyarakat gerakan hidup sehat sebagai respon terhadap peningkatan prevalensi penyakit tidak menular atau PTM.

Untukl itu, berbagai pemangku yang berkepentingan termasuk lintas kementrian/lembaga dan pemerintah daerah diamanatkan untuk secara bersama-sama mendorong terwujudnya gerakan masyarakat hidup sehat melalui berbagai upaya dan menyiapkan regulasi tingkat daerah untuk mendukung pelaksanaan kegiatan tersebut.

Dari perjalanan Inpres Nomor 1 tahun 2017 telah memasuki tahun ke 5 tetapi pembangunan kesehatan masih menghadapi tantangan yang sangat berat.

Hasil dari evaluasi sementara pelaksanaan RPJMN tahun 2020-2024 menunjukkan sebanyak 13 sasaran pokok pembangunan kesehatan sulit tercapai dan belum terkendalinya penyakit tidak menular yang berdampak pada tingginya kemampuan masyarakat akan pelayanan kesehatan di Rumah Sakit.

Hal tersebut tentu saja akan menambah beban pemerintah dan masyarakat karena membuthkan biaya yang sangat besar dan teknologi tinggi.

Gerakan masyarakat sehat salah satu upaya promotif dan preventif dan sangat efektif yang dilakukan untuk mencegah meningkatnya kematian dan kesakitan akibat penyakit menular atau penyakit tidak menular.

Pemerintah mengapresiasikan terlaksananya kegiatan kampanye gerakan masyarakat hidup sehat setiap hari, yang di prakarsai oleh pemerintah daerah Provinsi Maluku. Selaku masyarakat mari bersama-sama mendukung pelaksanaan kampanye gerakan masyarakat hidup sehat ini melalui penerapan pola hidup sehat sebagai kewajiban serta budaya kita agar tetap sehat, bugar, produktif serta terhindar dari penyakit.

Diharapkan juga agar masyarakat selamat mengikuti kegiatan gerakan masyarakat hidup sehat ini, semoga dapat memberikan kontribusi yang positif serta dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Provinsi Maluku dan lebih khususnya di kabupaten Tanimbar.

Persatuan ahli farmasi Indonesia atau disingkat PAFI memiliki pengurusa cabang yang telah dibentuk, salah satunya yaitu di kabupaten Tanimbar. Melalui pafikabtanimbar.org Anda dapat mengakses berbagai macam informasi terkini, mulai dari wawasan tentang ahli kefarmasian, dan pelaksanaan berbagai macam program yang berhubungan dengan kesehatan dan pelayanan kesehatan.

Melalui pafikabtanimbar.org inilah akan terlihat kerjasama yang baik dan komunikasi searah antara pengurus daerah dan pengurus cabang juga semua anggota yang bekerja di fasilitas kesehatan demi tercapainya kegiatan masyarakat hidup sehat.

#Tag
Artikel Terkait
Mungkin Kamu Juga Suka
Rajakomen
Scroll Top