4 Makanan Khas Indonesia yang Namanya Unik dan Menarik

20 Mei 2022  | 236x | Ditulis oleh : Team
4 Makanan Khas Indonesia yang Namanya Unik dan Menarik

Indonesia adalah raja dengan kekayaan kulinerannya yang demikian amat beragam dan berlimpah. Di samping itu, nama unik yang sering diberikan menjadikan orang ingin tahu buat menyantapnya.

Kekayaan akan masakan ada mulai dari Sabang sampai Merauke. Dari Sabang hingga Merauke, tiap-tiap daerahnya mempunyai makanan khas dengan citarasa lezat dan banyak mengandung rempah dan bumbu yang membangkitkan gairah makan.

Malah banyak di antaranya sudah diketahui oleh warga dunia karena enak dan banyak mengandung bumbu. Sebut sajalah nasi goreng, sate, bakso, dan rendang yang sudah populer sebagai hidangan asli Indonesia dan dianggap sebagai santapan paling nikmat di dunia.

Di samping rasa enak dan banyak mengandung bumbu yang tidak usah disangsikan lagi, nyatanya Indonesia pun mempunyai hidangan khas kuliner dengan nama unik dan memikat hati.

Yuks perhatikan hidangan khas Indonesia yang mempunyai nama unik yang menggelitik berikut ini:

1. Sate Kere

Kere mempunyai makna miskin. Tetapi bukan bermakna sate yang satu ini miskin akan rasa yang memikat lho.

Sate Kere adalah hidangan sate dengan ukuran kecil yang adalah potongan gembus atau tempe ampas kelapa dan dalaman sapi. Selaras namanya, dahulu sate kere adalah hidangan yang dikonsumsi oleh warga dari lingkungan bawah yang tak sangup membeli sate daging. Tetapi, kini tak cuma masyarakat golongan bawah lho yang menyantap Sate Kere ini.

Meski dibuat dari bahan baku yang murah, tetapi citarasa sate yang tidak sedikit ditemui di daerah Solo dan Jogja ini tidak kalah nikmatnya dengan sate daging. Rasa yang menjadi paduan gurihnya tempe gembus, dalaman yang kenyal, dan siraman saus kacang manis menciptakan citarasa sate yang demikian lezat.

2. Tahu Gimbal

Gimbal, nama unik yang mengelitik hati. Tetapi, meski namanya unik, tidak boleh dipikirkan hidangan ini serupa dengan rambut gimbal, ya.

Tahu Gimbal ini namanya berawal dari semacam gorengan yang memiliki nama gimbal yang jadi bahan pokok hidangan nikmat dan mengenyangkan ini.

Dan gorengan yang memiliki nama gimbal ini dibuat dari paduan udang dan adonan tepung yang digoreng sampai kuning kecoklat-coklatan. Sesudah itu gimbal dihidangkan dengan potongan tahu goreng, kol, lontong, tauge, dan telur ceplok lantas disiram bersama saus kacang yang amat membangkitkan gairah makan.

3. Onde-onde Ketawa

Namanya unik, bukan? Onde-onde ini bukanlah memiliki arti tertawa dalam makna sesungguhnya ya.

Onde-onde dengan nama unik ini adalah onde-onde yang berlainan dengan onde-onde biasa yang memiliki bentuk bulat dengan tekstur kenyal yang legit. Onde-onde ketawa mempunyai wujud yang merekah seperti mulut manusia yang merekah ketika ketawa.

Wujud merekah seperti orang yang tengah ketawa inilah yang menyebabkan cemilan ini dinyatakan dengan nama onde-onde ketawa.

Di samping tampilannya yang sedikit berbeda, ukuran onde-onde ketawa pun lebih kecil tanpa ditambahi isian apapun.

Rasanya yang manis dan renyah dengan tekstur garing tepat dikonsumsi sembari merasakan satu cangkir teh hangat akan menjadikan hari anda mengasyikkan dan hangat.

4. Nasi Kucing

Nasi Kucing bukan santapan untuk dimakan oleh kucing atau santapan yang memiliki bahan dasar daging kucing lho ya.

Ya, walau namanya nasi kucing, tetapi anda tidak usah cemas karena hidangan dengan nama unik ini tak memiliki kandungan masakan daging kucing sama sekali atau diolah buat kucing.

Diberi nama unik dengan nama nasi kucing karena asalnya dari porsi nasi yang sangat kecil seperti santapan kucing piaraan di dalam rumah.

Nasi kucing terdiri atas satu kepal kecil nasi bersama bermacam lauk seperti tumis tempe, sambal goreng ayam, sampai ikan peda yang asin dan renyah.

Karena porsinya yang kecil, khususnya buat lelaki, umumnya satu orang bisa memakan tiga sampai empat porsi nasi kucing dalam sekali santap.

Nah, itulah 4 makanan khas Indonesia dengan nama yang unik dan menarik.

#Tag
Artikel Terkait
Mungkin Kamu Juga Suka
Tryout
Scroll Top