Agar Berkah Puasa di Bulan Ramadhan, Lakukan 6 Persiapan Ini

25 Mar 2022  | 323x | Ditulis oleh : Team
Agar Berkah Puasa di Bulan Ramadhan, Lakukan 6 Persiapan Ini

Tidak lama lagi saatnya umat Islam puasa. Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan berkah dimana kaum muslim selama satu bulan penuh menjalankan ibadah puasa. Pada waktu bulan Ramadhan, segala sesuatu yang dilakukan akan jadi berkah dan segala pahala pun dilipatgandakan.

Inilah bulan yang suci yang digunakan kaum muslim untuk memperoleh pahala sebanyak mungkin. Jadi telah sewajarnya anda membutuhkan persiapan yang matang guna menyongsong bulan yang suci ini dan menjalankan ibadah puasa secara optimal.

Ayo cari tahu persiapan puasa di bulan Ramadhan apa saja nih yang mesti disiapkan!

Memperkuat Iman

Persiapan dasar yang mesti timbul dari hati yakni mempersiapkan serta memperkuat iman. Pada waktu bulan Ramadhan terdapat banyak sekali cobaan dengan beragam bentuk cobaannya. Di saat anda diberi cobaan di bulan Ramadhan dan anda dapat menghadapinya dengan penuh keikhlasan dan kesabaran, maka pahala anda akan dilipatgandakan. Untuk melakukannya anda perlu iman yang kuat.

Mempersiapkan Fisik dan Jasmani

Pada waktu bulan Ramadhan anda disarankan untuk berbuat segala kebajikan sekaligus mengumpulkan pahala. Anda membutuhkan kondisi tubuh yang sehat dan kuat sepanjang bulan Ramadhan.

Anda dapat mengkonsumsi makanan yang lebih sehat dan bergizi supaya tubuh anda mempunyai nutrisi yang diperlukan sebagai persiapan menjelang puasa. Mulai juga untuk rutin berolahraga ringan seperti berenang atau jogging. Di samping itu anda pun dapat mengonsumsi vitamin supaya pada waktu bulan puasa, tubuh anda kuat sehingga tak ada hambatan untuk berpuasa.

Mempersiapkan Kesehatan Rohani

Supaya anda sehat rohani selama bulan Ramadhan, sebaiknya selaku salah satu persiapan menyongsong bulan Ramadhan, membersihkan hati dari beragam sifat hasad dan dendam. Kedua sifat itu adalah sifat buruk dan tak baik bagi kesehatan rohani anda. Bila anda membebaskan diri dari sifat tercela itu maka anda adalah orang beriman dan bertakwa. Anda akan memperoleh pahala yang lebih saat anda memilih untuk lebih bersabar.

Mempersiapkan Amal dan Materi

Anda memerlukan persiapan materi sebab umumnya pada waktu bulan Ramadhan seluruh kebutuhan pokok naik sehingga berbagai harga barang pun meningkat. Nah, untuk mencegah hal itu, sebaiknya anda menyiapkan segala kebutuhan pokok sebelum bulan Ramadhan supaya aman dan terlepas dari pikiran.

Di samping menyiapkan materi, tidak boleh lupa untuk meningkatkan amal dengan cara berzakat dan bersedekah pada bulan Ramadhan. Rezeki yang anda sisihkan untuk beramal tersebut akan tergantikan lebih malahan berkali-kali lipat oleh Allah SWT.

Sambut Bulan Suci dengan Gembira

Menyambut datangnya bulan Ramadhan dengan ekspresi gembira dapat mendatangkan rahmat, ampunan, serta keutamaan yang lainnya. Mudah sekali bukan memperoleh pahala dalam persiapan menyambut datangnya bulan ramadhan?

Menyiapkan Menu Berbuka Puasa Sederhana

Supaya suasana puasa tambah menyenangkan, tidak ada salahnya bila anda menghidangkan berbagai menu buka puasa rumahan yang lezat menyehatkan. Untuk dapat menghidangkan beragam makanan yang lezat ternyata tak selalu mesti menu makanan ala hotel berbintang 5. Kadangkala menu makanan yang sederhana justru lebih terasa lezat terlebih jika dinikmati dengan keluarga.

Anda dapat menyediakan menu berbuka puasa sederhana seperti jus, es kelapa, atau es buah. Itu telah cukup. Jika tak ada es buah, anda dapat berbuka dengan mengonsumsi air putih supaya tubuh anda  tak menderita dehidrasi. Setelah anda membatalkan puasa dengan yang ringan dan segar, anda dapat menikmati makanan seperti gorengan, nasi dan lauk pauknya.

Demikianlah 6 persiapan puasa di bulan Ramadhan supaya berkah. Anda mesti masukkan semua persiapan dalam daftar tersendiri supaya bisa melakukannya dengan lebih optimal.

#Tag
Artikel Terkait
Mungkin Kamu Juga Suka
Tryout
Scroll Top